Detikcom – Jakarta, Ducati dikabarkan akan membuat sepeda motor dengan kapasitas mesin 250 cc. Untuk membuat sepeda motor kecil, Ducati tidak bisa membuatnya sendiri. Ini berarti perlu kolaborasi dengan pabrikan motor lain.

"Karena kemampuan Ducati bukanlah memproduksi sepeda motor kecil dan murah," kata Ducati Direktur Penjualan APAC, Leonardo Saccioni, di Ducati Flagship Store, Jakarta.

Leonardo menambahkan, jika Ducati ingin membuat sepeda motor 250 cc dengan harga yang kompetitif, pabrikan ini membutuhkan pabrik besar dan memiliki kapasitas yang cukup untuk menghasilkan banyak motor.

"Karena semakin banyak sepeda motor diproduksi, biaya produksi akan menjadi lebih murah. Jadi masuk akal jika kita ingin melakukan itu. Tetapi saya tidak dapat menyatakan secara resmi hari ini jika Ducati akan berkolaborasi untuk memproduksi mesin cc kecil. 2019," Leonardo menyimpulkan.

Perlu diingat, untuk membuat sepeda motor dengan ceruk pasar yang besar, Ducati benar-benar tidak dapat bekerja sendiri. Pabrikan Italia perlu bekerja dengan pabrikan lain.

Contohnya seperti kerjasama yang dilakukan oleh BMW Motorrad (Jerman) dengan TVS (India). Kedua pabrik berkolaborasi untuk membuat produk sepeda motor dengan spesifikasi mesin 313 cc.

Di BMW Motorrad, sepeda motor ini hadir dengan dua versi, yaitu BMW G 310 R dan BMW G 310 GS (Adventure). Sementara di TVS motor ini hadir dengan versi sport fairing, dengan TVS Apache RR branding 310.

Kolaborasi ini tentu menguntungkan kedua belah pihak. TVS dapat belajar membuat motor dengan kapasitas mesin besar. Di sisi lain, BMW Motorrad dapat memiliki produk sepeda motor entry level, yang produksinya tidak membebani fasilitas pabrik BMW di Jerman, karena G 310 R dan G 310 GS sepenuhnya dibuat di pabrik TVS India. (lua / ddn)