London – Bukan jalan Jerman yang memiliki autobahn, sebuah studi terbaru dari Komisi Eropa (Komisi Eropa), menyatakan bahwa Inggris memiliki jalan raya teraman dari negara Uni Eropa mana pun.

Seperti dilansir Auto Express, sebuah laporan statistik keselamatan jalan pada tahun 2018, Inggris mencatat 28 kematian lalu lintas di jalan untuk setiap satu juta penduduk.

Setelah Inggris, Denmark dan Irlandia mengikuti untuk jumlah kematian terendah. Sedangkan jalan paling berbahaya adalah di Rumania, Bulgaria dan Latvia.

Secara umum, Uni Eropa telah mengalami penurunan satu persen dalam kematian di jalan tahun lalu. Negara-negara Slovenia, Lithuania, Bulgaria, Slowakia dan Siprus menurun masing-masing sebesar 13%, 11%, 9% dan 8%.

Sedangkan untuk periode studi dari 2010 hingga 2018, Yunani menjadi negara di Eropa dengan penurunan terbesar dalam jumlah kematian lalu lintas jalan, yaitu 45 persen, diikuti oleh Lithuania (43 persen), dan Portugal (35 persen), termasuk Slovenia ( 34 persen).

Meskipun ada perbaikan yang signifikan, masih ada 25.000 orang tewas di jalan-jalan Eropa tahun lalu, yang berarti bahwa UE masih jauh dari target.

Munculnya berita ini mengikuti info bahwa Uni Eropa akan mengharuskan semua mobil baru harus dilengkapi dengan batas kecepatan dan sejumlah sistem keselamatan mulai tahun 2022.

Aturan lebih lanjut, termasuk pembaruan manajemen keselamatan infrastruktur, peluncuran platform transportasi yang aman, termasuk pembentukan EU Safety Exchange untuk mengatasi masalah keselamatan jalan. (lua / ddn)