Jakarta –

All New Yamaha Nmax tidak hanya mendapatkan pembaruan dalam hal desain dan penambahan fitur, keluarga Maxi Yamaha juga mendapatkan dapur pacu yang sama sekali berbeda dari generasi sebelumnya.

"Mesin Nmax terbaru berbeda dari Nmax lama. Tetap menggunakan 155 cc Bluecore dan VVA masih sama," kata Ridwan Arifin, Layanan Pendidikan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), di All New Nmax 155 Workshop, Yamaha Toko Unggulan, Cempaka Putih, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ridwan terus menjelaskan, mesin Nmax terbaru telah berubah di area katup. Area katup sekarang menggunakan ukuran 20,5 mm dari 19,5 mm sebelumnya.

"Jadi area kepala benar-benar baru. Tidak dapat dipindahkan (ke Nmax merah-tua)," jelas Ridwan.

Selain kepala, piston All New Nmax juga menggunakan piston baru. "Semua piston New Nmax menggunakan piston R15, yang menggunakan VVA. Dengan perubahan ini, All New Nmax memiliki peningkatan kompresi 11,6: 1 dari 10,5: 1. Inilah yang menyebabkan daya Nmax baru meningkat," katanya.

Selain mesin, All New Nmax baru juga dilengkapi dengan kotak filter udara baru. Ukurannya sekarang lebih besar, dengan 4,3 liter 3,7 liter. Kotak baru berkontribusi lebih banyak daya, karena secara otomatis udara yang masuk ke ruang bakar juga lebih besar.

Jadi seberapa besar peningkatan kekuatan All New Yamaha Nmax dibandingkan dengan generasi pendahulunya?

"Kekuatannya meningkat dari 11,1 kW menjadi 11,3 kW. Torsi dari sebelumnya 14,4 Nm menjadi 13,9 Nm," kata Ridwan.

"Tujuannya untuk membuat mesin lebih halus, atau akselerasi linier (lebih merata). Tetapi jika (rpm) sudah naik, tenaganya akan tetap lancar," pungkasnya.

Lihat videonya "Lebih Agresif! Inilah Tampilan Baru Yamaha Nmax"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)