Kuala Lumpur – Biasanya, orang memodifikasi kendaraan favorit mereka agar terlihat lebih seksi atau keren. Berbagai perubahan dari kaki hingga sistem hiburan berusaha untuk diremajakan. Tapi ini berbeda untuk pria asli Malaysia yang satu ini.

Ditemui oleh wartawan Ruly Kurniawan di International Automodified (IAM) Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/4/2019), Aideel, selaku pemilik mobil modifikasi Perodua Myvi mengaku ingin menjadikan kendaraannya lebih bermanfaat. Jadi, ia memodifikasi kursi penumpang depan untuk memudahkan orang-orang cacat masuk ke mobil.

"Saya terinspirasi oleh katalog modifikasi mobil yang serupa. Saya membuat mobil ini lebih mudah bagi orang-orang terbatas (penyandang cacat). Jadi sengaja dibuat seperti ini, skema tempat duduk," jelas Aideel.

Foto: Ruly Kurniawan

"Aku memang menggunakannya setiap hari, tapi tidak terlalu sering," lanjutnya.

Secara keseluruhan, mobil dengan harga Rp 137 juta (RM 44.700) masih standar. Hanya sektor interior yang dibuat untuk memberikan kenyamanan lebih. Tak ketinggalan juga speaker tambahan di bagian bagasi atau baris ke-3.

Sistem penggerak kursi yang menonjol keluar dihubungkan oleh Aideel ke tombol remote mobil. Sehingga kursi bisa bergerak tanpa menekan tuas lagi alias otomatis.

"Orang-orang penyandang cacat, meskipun tidak banyak, tetap berada di dunia, terutama di Malaysia. Meskipun mereka secara fisik terbatas, jangan biarkan pilihan sehari-hari mereka, termasuk akses ke kendaraan, menjadi terbatas," Aideel menyimpulkan. (ruk / ddn)