Jakarta – Mobil kembar di Indonesia akan bertambah lagi. Tidak hanya Avanza-Xenia, di masa depan akan ada mobil kembar yang dihasilkan dari kolaborasi aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, yaitu Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina.

Sebelum Xpander-Livina, ada banyak mobil kembar yang dijual di Indonesia. Yang paling sukses sekarang adalah si kembar Avanza-Xenia.

Di Indonesia, mobil kembar paling populer adalah kolaborasi Toyota dan Daihatsu. Maklum, Daihatsu sekarang adalah anak perusahaan Toyota.

Selain Xenia sebelum kehadiran Xpander-Livina, mobil kembar di Indonesia memiliki Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Mobil itu bermain di segmen SUV rendah. Sekilas, sepertinya tidak ada perbedaan di antara keduanya. Hanya sedikit berbeda dari tampilan ke fitur-fiturnya.

Berikutnya adalah Agya dan Ayla. Keduanya bekerja di Toyota dan Daihatsu. Mobil ini termasuk dalam segmen mobil murah hijau (LCGC) atau mobil hemat energi murah. Seperti Avanza-Xenia dan Rush-Terios, Agya-Ayla sedikit berbeda, tetapi terlihat sama ketika dilihat secara kasat mata.

Selanjutnya, masih dari kolaborasi Toyota-Daihatsu, ada lebih banyak mobil kembar di segmen LCGC. Mereka adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Keduanya bermain di segmen LCGC dengan konfigurasi 7-penumpang. Calya si kembar dan Sigra menawarkan mobil terjangkau yang dapat memuat tujuh orang sekaligus, segmen orang Indonesia yang paling diburu.

Tidak hanya Toyota-Daihatsu, sebelumnya Mitsubishi dan Suzuki juga berkolaborasi dengan model berbagi. Hasilnya, ada mobil kembar dalam bentuk Suzuki APV dan Mitsubishi Maven.

Suzuki APV lahir lebih awal pada tahun 2004. Setahun kemudian, Mitsubishi Maven yang merupakan versi rebadge dari Suzuki APV lahir pada tahun 2005. Suzuki APV dan Mitsubishi Maven hanya berbeda sedikit, terutama pada bagian eksterior.

Dalam kolaborasi yang sama, Suzuki dan Mitsubishi melahirkan mobil kembar lainnya. Mereka adalah Suzuki Carry dan Mitsubishi Colt T120SS. Namun, Mitsubishi memutuskan untuk berhenti menjual Maven dan Colt T120SS.

Suzuki juga membagi mobil menjadi merek lain. Pada 2013, Suzuki Ertiga diganti menjadi mobil Mazda VX-1. Ertiga dan Mazda VX-1 menantang si kembar Avanza-Xenia di segmen MPV rendah. (rgr / lth)