Jakarta – Toyota Avanza disegarkan. Tapi, penyegaran minor dalam bentuk perubahan tampilan depan, sedikit pembaruan di belakang, interior, hingga kaki.

Tapi, jelas perubahan Avanza 2019 tidak terlihat signifikan. PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengklaim Avanza tidak hanya mengubah wajah. Di belakang itu, Toyota menyempurnakan beberapa bagian Avanza.

Dealer Dukungan Teknis PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan bahwa Avanza terbaru telah berubah dalam tampilan, fitur, dan kenyamanan. Tapi, itu hanya klaim. Apakah klaim itu sesuai?

Karena alasan ini, kami berkesempatan untuk mencoba Avanza Baru dan Veloz Baru secara langsung di model 2019. Tes kali ini dilakukan selama dua hari dari Yogyakarta, Magelang, Semarang, hingga Cirebon.

Rouli Sijabat, Manajer Hubungan Masyarakat PT TAM, mengatakan bahwa pemilihan rute pengujian dari Yogyakarta, Jawa Tengah ke Cirebon setidaknya mewakili karakter jalan di Indonesia. Karakter berbagai jalan, ada jalan-jalan kota, jalan provinsi, naik turun dan berkelok-kelok, hingga jalan tol Trans Jawa memang cocok untuk menguji mobil keluarga.

Hari pertama, kami melakukan perjalanan dari Yogyakarta ke Magelang ke Semarang. Tahap pertama memiliki lebih banyak karakter jalan perkotaan ke jalan berbukit. Dan pada hari kedua kami bergegas langsung dari Semarang ke Cirebon via jalan tol Trans Jawa. Di jalan tol adalah kesempatan kami mencoba kinerja Avanza dan Veloz sepenuhnya.

Ada dua mobil yang menggunakan detikOto, 1,3 Veloz mentransmisikan secara otomatis pada hari pertama, dan Veloz 1,5 mentransmisikan secara manual pada hari kedua. Terlepas dari perbedaan mesin, keduanya memiliki fitur yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya, detikOto akan menjelaskan hasil Veloz 2019 ini selama perjalanan New Avanza dan New Veloz Journal Test Media Media. Ulasan berikut dimulai dari perubahan desain, fitur, hingga hasil pengujian. (rgr / lth)