Jakarta – Mobil resmi baru untuk Bupati Pandeglang Irna Narulita membuat keributan. Mobil yang dipilih bukan mobil sembarangan, mobil yang disebut Toyota sebagai mobil Raja Dunia, Land Cruiser. Mobil yang bisa dibawa kemana saja.

Pembelian itu diselidiki karena Kabupaten Pandeglang masih termasuk dalam kategori daerah tertinggal dibandingkan dengan daerah lain di Banten. Pendapatan asli daerah (PAD) Pandeglang pada tahun 2018 hanya Rp. 205 miliar. Selain itu, daerah ini sering disebut sebagai termiskin dibandingkan dengan tujuh kabupaten dan kota-kota lain. Disebutkan, harga Land Cruiser Prado Bupati Irna mencapai Rp 1,9 miliar. Itu berarti bahwa sekitar 1 persen dari pendapatan kawasan hanya digunakan & # 39; untuk membeli mobil mewah.

Bupati Pandeglang Foto: @kominfopdglng

Diminta konfirmasi tentang hal ini, Sekretaris Pandeglang Fery Hasanudin mengatakan mobil baru itu berasal dari permintaan Bupati dan atas pertimbangan staf. Selama ini Bupati hanya memiliki satu jenis mobil resmi Velfire.

"Ya, nama bupatinya adalah untuk keperluan protokol. Latar belakang bupatinya memiliki mobil pendek, ya, yang dulu (Velfire) dan wajar baginya untuk menyebutkannya, kan," kata Fery kepada wartawan di gedung DPRD Pandeglang di Banten, Senin (11/3/2019).

Mobil apa yang dimaksud dengan Land Cruiser Prado?

Prado Land Cruiser adalah mobil yang biasanya digunakan di gurun atau daerah yang membutuhkan mobil pekerja keras. AFP sendiri sudah mencoba mobil ini saat dalam perjalanan di gurun Timur Tengah. Di sana, orang lebih suka mobil bermesin besar seperti Land Cruisers, atau Nissan Patrol karena selain kondisinya keras, bahan bakarnya juga murah.

Foto Land Cruiser Prado: Toyota

Kembali di Land Cruiser Prado, mobil ini diperkuat dengan mesin bensin 2,7 liter dan diesel 2,8 liter tetapi ada juga pilihan mesin 4 liter yang gahar. Mesin V6 4.0 liter mampu memuntahkan 249 hp dan torsi 38,8 kgm.

Mobil ini memiliki 3 baris kursi, dapat mengambil foto keluarga: Toyota

Untuk interior, baik dashboard maupun setir telah disegarkan oleh Toyota. Sementara untuk fitur keselamatan, Land Cruiser Prado memiliki fitur yang dapat mencegah kecelakaan, Toyota Safety Sense (selengkapnya bisa dibaca di sini), sehingga mobil lebih aman dikendarai.

Fitur keamanan Toyota Safety Sense telah diinstal pada Land Cruiser Prado Photo: Toyota

Dalam laporan AFP, Toyota terakhir menyegarkan Prado Land Cruiser pada September 2017, bersama dengan perubahan pada mobil seperti FJ Cruiser dan Hilux. (ddn / rgr)