Jakarta – Perusahaan Otobus (PO) Putera Mulya baru saja meluncurkan layanan Bus Trans Jawa, di Pulogebang, Jakarta Timur, Kamis (14/2/2019). Bus Trans Jawa akan melayani rute Jakarta – Semarang – Solo.

Sedangkan untuk armada yang digunakan adalah Scania double-decker bus dengan kode K41OIB. Scania K41OIB telah digunakan oleh PO Putera Mulya untuk melayani rute Jakarta – Solo – Wonogiri.

Lalu apa spesifikasinya? Sebagai informasi, Scania K41OIB dilengkapi dengan mesin 13.000 DC13 dengan standar emisi Euro5. Mesin ini telah menggunakan teknologi turbocharged, intercooled, didukung oleh transmisi transmisi opticruise. Foto Scania Trans Jawa Foto: Agung Pambudhy

Mesin besar ini mampu memuntahkan tenaga maksimum mencapai 410 hp pada 1.900 rpm dan torsi puncak 2.000 Nm di kisaran 1.000 – 1.350 rpm. Dilihat dari spesifikasinya, mesin ini memang memiliki torsi liar.

"Mesin bus seperti ini cocok untuk trek panjang seperti jalan tol Trans Jawa," kata PT Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, kepada wartawan dalam perjalanan ke Semarang.

Dari segi fitur, bus level dengan harga Rp. 3 miliar sudah memiliki Anti-locking Braking System (ABS), Electronic Brake System, Retarder dan Cruise Control yang dapat membuat bus berjalan stagnan pada kecepatan tertentu tanpa pengemudi perlu menginjak gas.

Foto interior bus: Agung Pambudhy

Salah satu fitur unggulan pada bus ini adalah Retarder. "Fitur ini membuat pengereman lebih halus, karena pengereman bukan dari roda, tetapi dari sistem transmisi. Jadi itu seperti perlambatan," lanjut pria yang akrab disapa Sani.

Lantas bagaimana dengan performa mesin bus besar ini ketika membentang sejauh 424 km dari Jakarta ke Solo? Kecepatan tertinggi yang terekam pada panel speedometer mencapai 120 km per jam pada 2.500 rpm.

Dari segi fasilitas, Trans Java Bus yang dioperasikan oleh Putera Mulya memiliki 44 kursi, dengan 38 kursi di atas dan 6 kursi di bawah.

Asyiknya lagi, bentuk kursinya besar seperti tempat duduk di pesawat kelas bisnis. Jadi ada fitur sandaran kaki dan hiburan AVOD (Audio Video On Demand).

Audio Video Sesuai Permintaan Foto: Agung Pambudhy

Selain itu, ada juga bantal dan selimut di kursi penumpang. Ada juga toilet dan dispenser air khusus untuk penumpang yang ingin membuat kopi atau teh.

Ada dispenser air di dalam bus Foto: Agung Pambudhy

Sebagai informasi, Trans Java Bus baru saja membuka rute Jakarta-Semarang-Solo, dengan harga promo sekitar Rp 50 ribu. Harga ini akan naik menjadi Rp. 195 ribu untuk dek atas dan Rp. 325 ribu untuk dek bawah. (lua / ddn)