Jakarta –

PO Putera Mulya Sejahtera meluncurkan layanan bus baru jurusan Malang-Jakarta. Uniknya, bus kelas eksekutif ini terbilang cukup mewah, penumpang akan duduk sendiri, tidak berdampingan dengan orang lain. Selain lebih nyaman, cara ini juga akan membuat penumpang lebih aman karena sudah menerapkan jarak fisik.

Rute Malang-Surabaya-Jakarta yang pernah menjadi rute favorit tahun 1990-an menjadi pilihan bus Trans Jawa Individual Executive Class.

“Salah satu trayek angkutan bus tradisional adalah Malang-Surabaya-Jakarta. Rute ini dulunya sedang hits pada masanya. Kami ingin menggugah semangat masyarakat untuk kembali menggunakan angkutan bus. Tahun lalu kami telah menjadi Perintis Bus Trans Jawa, sekarang kami tawarkan yang lain di jalurnya. Malang, ”ujar Direktur PT. Putera Mulya Sejahtera, Glenn A. Widodo, dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Yang ditawarkan oleh PO. Putra Mulya Sejahtera ini tidak sepenuhnya baru. Armada kelas eksekutif disiapkan untuk melayani penumpang Malang dan Surabaya yang ingin menikmati perjalanan ke Jakarta dengan aman dan nyaman. Bus kelas eksekutif ini menggunakan Scania K360IB / 4×2 yang diklaim nyaman.

"Bus kami bermesin 360 HP. Ada fitur keselamatan kelas sedan. Ada ABS, EDB, Cruise Control, Retarder dan yang terpenting pencatatan perilaku pengemudi," kata Glenn.

Glenn berharap penumpang busnya bisa merasakan kenyamanan maksimal selama perjalanan. Ia juga memperkenalkan konfigurasi kursi yang mulai menjadi tren di transportasi bus. Satu baris terdiri dari tiga kursi. Konfigurasi bus umumnya satu baris yang terdiri dari empat tempat duduk. Jika ada deretan tiga kursi, konfigurasinya adalah 2-1 (dua kursi di kanan dan satu di kiri).

Bus Mewah PO Putera Mulya Sejahtera Foto: dok. PO Putera Mulya Sejahtera

“Saya punya mimpi lama sekali. Jok bus bisa dibuat lega. Penumpang duduk sendiri-sendiri. Dengan posisi ini tidur lebih nyaman. Kebetulan di Indonesia ada Pandemi COVID-19, jadi saya langsung wujudkan. Kita menamakannya Individual Executive Class, ”ujarnya.

Ada fasilitas tambahan lain yang bisa memanjakan penumpang. Ada dispenser untuk air mineral, pilihan minuman panas yang bisa dibuat sendiri oleh penumpang, ada snack dan disetiap kursi ada charger USB.

Menurut Glenn, setiap kursi diberi selimut kemasan plastik dan disegel oleh PT Putera Mulya Sejahtera. Armada bus PO. Putra Mulya Sejahtera ini menerapkan aturan kesehatan selama perjalanan. Setiap penumpang dicek suhu tubuhnya dengan termometer gun sebelum naik bus, setiap penumpang juga diwajibkan memakai masker selama perjalanan. Ada juga sekat antara pengemudi dan penumpang.

[Gambas:Instagram]

Tonton Video "Melihat Fasilitas Bus Ramah Disabilitas"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / lth)