Jakarta –

Mercedes-Benz S600 Guard, yang menjadi mobil resmi Wakil Presiden Republik Indonesia 2 ruf Amin, diisi dengan bensin menggunakan jerigen. Masalahnya, di sekitar lokasi kunjungan kerja tidak ada pompa bensin yang menjual bahan bakar yang direkomendasikan.

Sebenarnya membawa cadangan bahan bakar bisa aman, juga bisa berbahaya. Risiko terburuk bahkan bisa menjadi api jika Anda membawa bahan bakar cadangan.

Praktisi keselamatan mengemudi yang juga pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan jika Anda ingin membawa bahan bakar cadangan di jalan, Anda harus menggambarkan segitiga api agar tidak terjadi kebakaran. Segitiga api yang dimaksud adalah udara, panas, dan pembakaran bahan bakar murah. Kategori panas dapat berupa sinar matahari, percikan api, atau korsleting listrik. Sementara kategori bahan yang mudah terbakar bukan hanya bahan bakar, tetapi juga bisa berupa kertas, plastik, atau kabel.

"Sederhananya, jelaskan nama segitiga api. Jika dia ditempatkan di wadah atau tangki, maka pastikan tangki atau jerigen logam. Pastikan itu terkunci dan tidak dicampur dengan barang berbahaya," kata Jusri kepada AFP, Senin. (13/7 / / 2020).

Namun, ada juga jeriken plastik yang aman untuk membawa bahan bakar cadangan. Yaitu jerigen khusus dengan kode HDPE 2 atau High-Density Polyethylene.

"Itu mungkin jenis plastik. Karena jenis plastik ini tidak menghasilkan listrik statis. Dan cukup kuat ketika ada tabrakan atau gesekan. Jadi tidak seperti jerigen plastik biasa yang dijual di pasar." , "kata Jusri.

Memang, harga jerigen HDPE 2 cukup mahal, untuk ukuran kecil bisa lebih dari Rp. 500 ribu. Jeriken spesial juga memiliki mulut khusus yang jika ditarik dapat mengeluarkan pipa. Jadi, saat menuangkan atau mengisi bahan bakar tidak perlu corong atau selang lagi.

Menurut Jusri, saat membawa bahan bakar cadangan di jeriken, pastikan tidak diletakkan di dekat sumber panas. "Sumber panasnya bisa, misalnya ada kabel terbuka, bisa ada pemendekan gesekan (korsleting). Pintasan ada uap bensin yang sudah berserakan," katanya.

Jusri juga mengingatkan, saat pengisian bensin perlu diperhatikan lingkungan sekitar. Misalnya, hindari menggunakan ponsel saat mengisi bahan bakar dan hindari orang yang merokok di dekatnya.

Lihat video "Kawasaki Ninja ZX-25R diluncurkan ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)