Jakarta – Meski ditutup, area mesin mobil juga bisa kotor karena terkena debu. Debu bisa masuk dari sela-sela kap mesin, atau ruang di bawah mesin yang tidak tertutup.

Karena itu, mesin mobil juga harus diperiksa dan dibersihkan jika kondisinya kotor. Mesin mobil yang bersih dapat menghasilkan kinerja yang optimal. Selain itu, juga lebih enak dipandang.

Tetapi dalam membersihkan mesin mobil, itu tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Karena di area mesin ada banyak komponen listrik yang rentan terkena air.

Lalu bagaimana cara Anda mencuci mesin mobil dengan baik dan aman? Seperti dikutip dari Suzuki.com, untuk membersihkan area mesin, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali di mana bagian-bagian komponen listrik disimpan.
Misalnya bagian ECU atau sekering.

Sebelum mesin disiram air, lebih baik tutupi semua komponen dengan plastik, untuk meminimalkan percikan air. Jadi jika ada kabel yang tidak dibungkus, atau bungkusannya sudah terkelupas, bungkus lagi dengan isolasi sehingga airnya tidak bisa menyusup.

Setelah itu, proses pencucian bisa segera dilakukan. Sebagai permulaan, semprotkan air engine dengan air keran bertekanan rendah. Metode ini untuk menghilangkan debu yang menempel pada mesin atau antar yang sulit dijangkau.

Jika demikian, semprotkan cairan pembersih engine untuk menghilangkan kotoran yang membandel. Setelah cairan didistribusikan secara merata pada permukaan mesin, sikat dengan lembut menggunakan sikat lembut atau sikat gigi yang tidak digunakan.

Langkah selanjutnya, semprotkan kembali area mesin dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran, serta bersihkan bekas-bekas sabun yang masih menempel di sekitar mesin.

Setelah dibersihkan, jika alat ada di sana, semprotkan bagian-bagian mesin yang dicuci dengan kompresor angin. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa air di sekitar mesin.

Nah, untuk menghindari timbulnya kerak atau olahraga air, mesin mobil jangan langsung dihidupkan dan mobil jangan langsung dipakai. Biarkan mobil berdiri selama 2-3 jam untuk memastikan bagian-bagian mesin kering sempurna.

Terakhir, nyalakan mesin mobil, sambil memeriksa semua komponen yang terkait dengan sistem kelistrikan. Mulai dari lampu, klakson dan lainnya. Jika ada kerusakan, periksa kembali bagian yang dilindungi oleh plastik atau isolasi, dan pastikan semuanya benar-benar kering. (lua / ruk)