Jakarta –

Karena larangan kegiatan di luar rumah masih terbatas pada banding, sejumlah fasilitas transportasi umum masih menyediakan layanan. Meski masih beroperasi, berbagai operator jasa transportasi tidak mengabaikan pentingnya meminimalkan penularan virus korona di Indonesia.

Operator Taksi Bluebird adalah salah satunya yang telah menerapkan standar operasional baru armada dan pengemudi dalam mengantarkan penumpang. Langkah-langkah pencegahan yang diterapkan oleh Bluebird termasuk membersihkan kabin mobil oleh pengemudi Bluebird setelah setiap berlalu.

"Kami di Bluebird berpartisipasi aktif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Kami berharap serangkaian tindakan pencegahan yang kami lakukan dapat memberikan ketenangan bagi pengguna Bluebird, di mana keselamatan dan kenyamanan mereka adalah prioritas utama perusahaan," kata Marketing Direktur PT Blue Bird Tbk, Amelia Nasution melalui siaran pers yang diterima AFP.

Amelia menambahkan, akan ada juga masker yang dapat digunakan kembali dari Bluebird Kartini yang akan diberikan kepada masing-masing driver Bluebird. Kartini Bluebird adalah pusat pelatihan kewirausahaan yang terdiri dari istri dan anak perempuan pengemudi.

"Selain itu, kami juga menyediakan masker yang dapat digunakan kembali untuk diberikan kepada pengemudi Bluebird yang membutuhkannya. Topeng ini dibuat oleh Kartini Bluebird, sebuah pusat pelatihan kewirausahaan yang terdiri dari istri dan putri dari pengemudi Bluebird," jelas Amelia.

Terlepas dari pandemi korona yang mulai menyebar di Indonesia, Amelia menyatakan bahwa sebelumnya Bluebird telah menerapkan standar kebersihan yang tinggi. Tentu saja, pada saat kritis ini, pemeliharaan kebersihan akan ditingkatkan lebih baik lagi.

"Menjaga kebersihan kabin adalah bagian dari standar operasional yang telah diterapkan dalam layanan Bluebird. Kami berharap upaya dalam menjaga tingkat kebersihan kabin mobil ini dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang sebelum dikirim dengan selamat ke tujuan," dia menambahkan.

Selain itu, Bluebird juga mendesak semua pengemudi untuk menggunakan fasilitas JPK3 (Perawatan Kesehatan Karyawan dan Keluarga) yang tersedia di setiap klinik kolam renang. Klinik adalah tempat di mana Bluebird memberikan perawatan keluhan pertama dari kondisi pengemudi. Penanganan ini tidak dibebankan pada driver.

Lihat videonya "Virus Corona Call Corona Calles from Space"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lth)