Melindungi cat bodi mobil adalah salah satu cara untuk menghemat perawatan mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK – Trio pecinta otomotif asal Tangerang, Banten, Verrel Jeremy Wijaya, Julius Alberto Yapina dan William Julio Luis memberikan tips kepada masyarakat dalam menjaga cat pada bodi mobil dari goresan dan kerikil saat berkendara. Dalam diskusi online tentang otomotif, Sabtu (20/6), Julio Luis mengatakan, melindungi cat bodi mobil adalah salah satu cara untuk mengurangi biaya perawatan kendaraan di tengah pandemi COVID-19.

"Perlindungan terhadap cat mobil dari goresan dan kerikil saat berkendara dengan film pelindung cat atau bra bening sangat dibutuhkan. Selain melindungi cat pada bodi mobil, bra jernih juga membantu melindungi warna mobil dari memudar, sehingga tetap awet untuk tahun, "kata Julio.

Clearbra adalah metode melindungi tubuh kendaraan menggunakan semacam stiker transparan. Ia melanjutkan, penggunaan pelapis bra bening melindungi cat mobil secara total.

"Dari masalah puing batu hingga korosi akibat air laut," kata Julio.

Pemilik W Motorsport Workshop, yang berlokasi di Duta Indah Iconic C 11, Tangerang, mengakui bahwa banyak yang tidak menyadari dampak goresan, goresan akibat puing-puing batu atau korosi.

"Gangguan kecil ini tidak datang dalam waktu singkat, dalam jangka waktu tertentu hanya akan terlihat," kata Verrel.

Dia memberi contoh kerikil yang terlempar saat berkendara di jalan, terkadang memberi tanda yang kurang nyaman dilihat. "Lalu tanda pusaran, atau susun baret halus, membuat mobil tampak kusam seiring waktu. Semua gangguan dapat dicegah dengan memasang cat pelindung atau bra bening," kata Verrel.

Sementara Julius menambahkan bahwa bra yang jelas harus digunakan oleh pecinta otomotif karena selain melindungi, itu juga membuat tubuh awet.

"Tubuh mobil dilindungi dari hal-hal yang tidak pernah kita sadari, seperti kerak air laut yang dapat menyebabkan korosi. Atau mungkin dipengaruhi oleh getah pohon, percikan minyak atau lainnya. Mobil akan terlihat seperti disimpan pergi, "tambah Julius.

Tip lain untuk semua pemilik mobil agar warna cat tetap indah dan tahan lama adalah menghindari sinar matahari langsung.

"Hindari sinar matahari langsung, agar mobil tidak kusam dengan cepat. Kemudian cobalah mencuci mobil jika sudah terkena hujan, karena air hujan mengandung asam yang tidak baik ketika terkena cat mobil," kata Julius.

sumber: perantara