Jakarta –

Mitsubishi dan Nissan beberapa waktu lalu mengumumkan kampanye penarikan kembali mobil kembarnya, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina. Keduanya mengalami masalah dengan pompa bahan bakar atau pompa bahan bakar yang harus diganti.

Pemilik Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina diharapkan segera pergi ke bengkel untuk melakukan perbaikan. Mobil yang terkena dampak adalah produksi Xpander dari 2017 hingga 2019, total 139.111 unit dan All New Nissan Livina diproduksi antara 22 Februari 2019 hingga 24 Agustus 2019 dengan total 9.314 unit.

Kampanye penarikan kembali Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina telah diumumkan sejak Juni 2020. Tetapi mungkin masih ada keraguan apakah mobil Anda terpengaruh oleh penarikan kembali atau tidak. Inilah cara memeriksanya.

Untuk pemilik Mitsubishi Xpander, Anda dapat mengunjungi halaman https://www.mitsubishi-motors.co.id/ lalu gulir ke bawah untuk menemukan Kampanye Perbaikan. Klik Periksa Kendaraan Anda.

Atau, Anda juga dapat langsung mengakses tautan https://apps.mitsubishi-motors.co.id/kampanye-perbaikan/.

Selanjutnya, masukkan nomor bingkai kendaraan Anda. Untuk mengecek nomor urut, bisa melihat registrasi kendaraan. Atau, Anda juga dapat melihat nomor bingkai di dalam mobil secara langsung.

Lokasi nomor bingkai kendaraan berada di posisi yang berbeda. Misalnya ada pada sasis / rangka belakang kanan, di bawah kap / di ruang mesin, atau di bawah kursi pengemudi atau penumpang.

Untuk mengetahui penarikan kembali Nissan Livina, Anda dapat memeriksanya di situs resmi https://www.nissan.co.id/. Sorot kolom Pemilik dan pilih recall, Anda akan diarahkan ke tautan https://www.nissan.co.id/recall.html.

Nissan Livina. Foto: Dok. Nissan

Selanjutnya, masukkan nomor sasis 17 digit kendaraan Anda. Pastikan untuk tidak memasukkan spasi atau karakter seperti garis bawah, tanda hubung, tanda bintang, dan lainnya. Cara untuk mengetahui nomor bingkai juga sama, yaitu, lihat saja registrasi kendaraan, periksa bagian No. Pemesanan / NIK / VIN.

Berdasarkan penyelidikan oleh tim Mitsubishi, ditemukan bahwa Pompa Bahan Bakar di dalam tangki dapat berhenti beroperasi, yang berpotensi menyebabkan mesin tidak hidup atau berhenti bekerja. Penyebab yang mungkin adalah bahwa baling-baling mengembang dan berubah bentuk, kemudian gosok terhadap area sekitarnya, sehingga baling-baling berhenti berputar.

Masalah dengan Nissan Livina yang harus ditarik kembali sama dengan Mitsubishi Xpander. Pisau dengan bahan resin di dalam pompa gas dapat membesar dan membuat pompa bensin berhenti berputar, ini akan menyebabkan mesin tidak hidup atau mesin berhenti.

Lihat video "Muncul Pertama di Indonesia, Xpander Cross Menunjukkan Tiga Varian"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)