Servis berkala menjadi kunci perawatan kendaraan agar tetap prima saat digunakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam merawat mobil, salah satu hal yang menjadi indikator adalah jarak pemakaian. Jarak tempuh pemakaian dirasa cukup untuk merepresentasikan kondisi kendaraan karena berkaitan dengan tingkat pemakaian kendaraan.

Auto2000 juga membagikan tips perawatan mobil berdasarkan odometer. Fokus perawatan kali ini adalah kendaraan yang mampu menempuh jarak tempuh 50 ribu kilometer.

Kepala Divisi Aftersales Auto2000, Ricky Martawijaya mengatakan kendaraan dengan jarak tempuh lebih dari 50 ribu kilometer harus memperhatikan komponennya karena harus menempuh berbagai kondisi jalan.

“Selama itu, mobil bisa saja mengalami kejadian ekstrim seperti melewati lubang dengan kecepatan tinggi atau genangan dalam. Perlahan komponen kendaraan akan mengalami penurunan kondisi,” kata Ricky dalam keterangan persnya kepada Republika.co. id pada Senin (14). / 9).

Dengan kondisi tersebut, ia juga menilai potensi kerusakan bisa sewaktu-waktu terjadi, seperti pada mesin, suspensi, rem, dan kemudi. Ini termasuk sistem pendukung kendaraan lain seperti baterai, wiper, radiator, alternator, dan suku cadang lainnya. Jika dibiarkan, mobil bisa tiba-tiba mogok atau efek lain yang berakibat fatal.

Ia menegaskan, solusi dalam menjaga kondisi mobilnya yang memiliki "jam terbang" tinggi adalah dengan servis berkala secara berkala. Pedoman servis berkala telah menentukan komponen apa yang akan diperiksa dalam jangka waktu tertentu, serta menggantinya jika sudah tidak layak pakai atau saat diganti tanpa menunggu kerusakan.

“Dengan begitu, pengendara bisa mengurangi kemungkinan terjadinya masalah di kemudian hari,” ucapnya.

Di satu sisi, ia juga sangat menganjurkan agar setiap komponen yang diganti saat servis berkala adalah suku cadang asli. Dengan begitu komponen tersebut mampu menjaga performa mobil dengan baik. Selain itu, servis berkala yang rutin biasanya membuat nilai atau nilai jual kembali menjadi lebih baik, apalagi didukung oleh layanan historis yang tersimpan dengan baik di database bengkel resmi.