Memanfaatkan fasilitas layanan di bengkel resmi akan lebih cepat dan mudah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Melakukan perawatan rutin di bengkel resmi terkadang membutuhkan banyak waktu. Karena itu perlu kehati-hatian dalam memanfaatkan fasilitas layanan pelanggan yang disediakan oleh bengkel untuk mendapatkan peluang layanan prioritas.

Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan sistem pemesanan terlebih dahulu. Sebelum mengunjungi bengkel, konsumen dapat menghubungi bengkel resmi melalui telepon untuk membuat janji temu layanan. Setelah waktu yang disepakati, konsumen hanya datang ke garasi sambil membawa bukti bahwa ia telah membuat janji temu layanan. "Biasanya ketika janji layanan dibuat, layanan prioritas dan suku cadang akan disiapkan," kata Ronald Reagan, Kepala Perencanaan dan Pemasaran Setelah Penjualan di PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Senin (11/5).

Dengan sistem pemesanan, Anda akan diyakinkan dengan pengiriman layanan yang lebih cepat sehingga kendaraan dapat segera diperbaiki. Terutama selama pandemi seperti ini, layanan dengan sistem pemesanan sangat membantu untuk memudahkan servis kendaraan secara rutin.

Pola lain adalah dengan layanan rumah atau layanan penjemputan. Layanan layanan rumah, bengkel resmi akan datang ke pelanggan ke lokasi yang telah disepakati untuk melakukan servis kendaraan rutin. Biasanya layanan yang dilakukan untuk layanan rumah ini adalah perawatan ringan atau kelipatan 10.000 kendaraan.

Sedangkan layanan jemput dilakukan jika dirasa kendaraan perlu diambil oleh mekanik di bengkel untuk menjalani perawatan di bengkel resmi. Namun, untuk layanan penjemputan, dealer Mitsubishi diminta untuk tidak mengenakan biaya jika jarak antara lokasi garasi dan kendaraan yang diambil kurang dari 10 kilometer. Jika lebih dari 10 kiloemeter tergantung pada kebijakan dealer.

Menurut Reagan, selama musim pandemi Covid-19 layanan konsumen berbasis aplikasi digital meningkat pesat sebesar 55 persen. Sementara layanan berbasis media sosial mencapai 10 persen. "Jadi 65 persen konsumen mendapatkan layanan yang lebih mudah untuk layanan dan informasi lain yang dibutuhkan," katanya.

Menurutnya, layanan rumah dan layanan penjemputan di masa mendatang akan menjadi kebutuhan utama pelanggan. Jika situasinya normal, layanan di rumah sangat mudah bagi pelanggan karena mereka tidak perlu datang ke garasi. Ini berpotensi untuk menjadi kebutuhan dasar pelanggan di masa mendatang. "Kami telah mengubah standar mobil servis kami, menggunakan triton dengan lebih banyak fasilitas peralatan," katanya.