Tokyo – Chairman Nissan Carlos Ghosn ditangkap oleh pejabat Jepang karena penipuan keuangan. Nissan akan segera menemukan pengganti Ghosn. CEO Nissan Hiroto Saikawa pada konferensi pers di Tokyo Senin malam (19/11/2018) mengatakan dia akan meminta dewan direksi Nissan untuk segera menggulingkan Ghosn dari posisinya sebagai ketua dan dan wakil direktur pada rapat dewan direksi pada hari Kamis ini.

Dia juga akan meminta eksekutif lain Greg Kelly yang merupakan kaki tangan Ghosn untuk segera dikeluarkan dari dewan direksi. Keduanya dituduh melakukan pelanggaran signifikan, termasuk kurangnya pembayaran pelaporan untuk paket kompensasi dan penggunaan aset perusahaan untuk penggunaan pribadi.

"Saya merasa putus asa, marah dan kesal," kata CEO Nissan Hiroto Saikawa seperti dikutip oleh BBC pada Selasa (20/11/2018). "Ketika rinciannya terungkap, saya percaya bahwa setiap orang akan merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan hari ini," tambahnya.
Nissan belum melaporkan secara detail penipuan keuangan yang dilakukan oleh Ghosn. Namun menurut laporan media Jepang, Carlos Ghosn mencurangi laporan kompensasi yang diterimanya. Dia melaporkan kurang dari 5 miliar yen sebagai kompensasi selama lima tahun sejak 2011.
Saikawa mengatakan dia percaya kesalahan yang telah dilakukan Ghosn telah terjadi untuk waktu yang lama. Mulai tahun 2010, perusahaan-perusahaan Jepang diminta untuk mengungkapkan gaji para eksekutif yang mendapat lebih dari 100 juta yen.

(ddn / ddn)