Jakarta – Mantan Direktur Perwakilan Nissan Motor Greg Kelly dibebaskan setelah menebus uang jaminan ke pengadilan Jepang sebesar USD 640 ribu. Setelah sebulan ditahan, permintaan oleh Jaksa Penuntut yang meminta Kelly ditahan lebih lama ditolak oleh pengadilan Jepang.

Sekelompok wartawan dan juru kamera media Jepang dan internasional telah berkumpul sejak Selasa pagi (25/12/2018) menunggu pembebasan Kelly. Wartawan melihat langsung, Kelly meninggalkan Pusat Penahanan Tokyo bersama pengacaranya, Yoichi Kitamura dengan taksi sekitar pukul 10:45 pagi. Kitamura tidak menanggapi rilis ini ketika dihubungi oleh Reuters ke kantornya.

Vonis Pengadilan Tokyo dikeluarkan setelah keluarga Kelly di Tennessee mengajukan banding. Pengadilan mengatakan, Kelly membayar jaminan 70 juta yen ($ 640.000) tunai.

Meskipun dia dibebaskan dari penahanan Tokyo, Kelly masih dilarang meninggalkan Jepang dan berbicara dengan orang-orang yang terkait dengan kasus ini. Tetapi ada pengecualian untuk beberapa alasan yang diizinkan meninggalkan Jepang seperti yang dilaporkan NHK sebelumnya.

Istri Kelly, Dee Kelly, memohon pembebasan suaminya dalam pernyataan video pekan lalu. Dia mengatakan suaminya "salah dituduh sebagai bagian dari perebutan kekuasaan oleh beberapa eksekutif Nissan." Dee menambahkan bahwa penyerahan rilis ini juga karena kesehatan suaminya, di mana Kelly akan menjalani operasi stenosis tulang belakang.

"Investigasi internal Nissan mengungkapkan bukti pelanggaran yang substansial dan meyakinkan, menghasilkan suara bulat untuk memberhentikan Ghosn dan Kelly sebagai ketua dan direktur perwakilan," kata seorang juru bicara Nissan. Meski tidak menjabat sebagai direktur, Kelly dan Ghosn tetap berada di dewan direksi Nissan.

Pengadilan pada hari Minggu memperpanjang penahanan Ghosn selama 10 hari, menyusul tuduhan baru yang membuat Nissan menanggung kerugian investasi pribadi. (rip / lth)