Jakarta – Lokasi tempat parkir tertutup seperti parkir mal tidak serta merta menjamin kendaraan itu bebas dari tangan penjahat. Misalnya, seperti yang dialami oleh Bonita Rachel. Ia kehilangan 2 laptop MacBook, setelah Honda Jazz-nya dibobol di tempat parkir Mal Kemang Village, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).

Lalu bagaimana Anda memarkir mobil Anda di mal agar aman dari pencurian? Dijelaskan oleh Jusri Pulubuhu, Instruktur dan Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan lokasi parkir.

"Taman di tempat-tempat yang mudah dilihat orang. Kalau di mal, parkir mobil di dekat tempat CCTV dan dekat dengan keamanan," kata Jusri saat dihubungi detikOto, Sabtu (12/1/2019).

Selain itu, menurut Jusri, pemilik mobil juga harus memarkir kendaraannya di lokasi yang ramai. "Bahkan jika Anda harus pergi ke lantai nanti, pada akhirnya ini akan lebih efektif untuk melakukan tindakan pencegahan daripada hanya parkir di area kosong dan jauh dari perhatian," jelas pria ramah ini.

Tindakan pencegahan lain yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil adalah memastikan bahwa mereka tidak meninggalkan barang-barang harga seperti dompet, laptop, atau gadget di kursi mobil.

"Jika Anda akhirnya harus meninggalkan barang-barang di dalam mobil, misalnya laptop, maka barang-barang itu harus diletakkan di tempat-tempat yang tidak terlihat dari luar. Seperti di bagasi atau menggunakan ruang di bawah jok. Hanya pelaku yang memiliki sudah pemantauan dari jauh, "lanjut Jusri.

Percaya diri driver yang kebobolan di Photo Mall: Pool

Sebagai pilihan, pemilik mobil juga dapat menambahkan perangkat keamanan di mobil mereka. "Pemilik harus mengambil tindakan pencegahan dengan menambahkan sistem keamanan dan memastikan mobilnya terkunci setiap kali dia meninggalkan tempat parkir," pungkasnya. (lua / lth)