Jakarta –

Pencurian kaca spion Toyota Alphard kembali. Entah apa motifnya, bisa dipastikan pencurian ini cukup merugikan pemilik Toyota Alphard. Terlebih lagi, perusahaan asuransi mungkin tidak menanggung atau tidak dapat mengklaim asuransi yang mereka miliki.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Presiden Senior Komunikasi dan Manajemen Layanan Garda Oto, Laurentius Iwan Pranoto, kepada AFP.

"Jika konsumen mengasuransikan mobilnya dengan asuransi komprehensif, itu harus diganti. Tetapi jika Total Loss Only (TLO), harga cermin tidak sampai 75% dari cakupan, sehingga tidak diganti," kata pria yang dipanggil oleh Iwan.

Iwan kembali menjelaskan perbedaan antara asuransi kendaraan komprehensif dan TLO.

Ilustrasi Toyota Alphard Foto: Khusus / Toyota-Astra Motor

"Perlindungan asuransi TLO menjamin mobil Anda untuk kehilangan atau kerusakan lebih dari 75% dari harga mobil, yang berarti bahwa jika ada kerusakan kecil itu tidak akan ditanggung atau dijamin. Jika rusak, biaya perbaikan setidaknya 75% dari harga mobil misalnya harga mobil Rp 100 juta, maka kecelakaan dan kerusakan parah akan ada penggantian atau perbaikan, "kata Iwan.

"Jika total biaya perbaikan atau penggantian, di bawah Rp. 75 juta, berarti tidak ada pertanggungan (tidak akan diganti-Red)," tambah Iwan.

Lalu bagaimana dengan kaca spion Toyota Alphard?

"Jika asuransi Toyota Alphard mencakup TLO, maka kaca spion menghilang. Kaca spion berharga Rp. 10 juta, harga mobil adalah Rp. 1 miliar, yang tidak sampai 75% dari Rp. 1 miliar. Keputusannya adalah jika spion Toyota Alphard menghilang, maka ini tidak ada penutup (itu tidak akan diganti. Asuransi-Red), "kata Iwan.