Jakarta –

General Motors (GM) memutuskan untuk meninggalkan pasar Thailand, setelah sebelumnya mengumumkan rencana untuk keluar dari Indonesia. Di pasar Thailand, Chevrolet sebenarnya menjual mobil buatan pabrik Wuling Motors Indonesia. Mobil yang dimaksud adalah Chevrolet Captiva.

Chevrolet Captiva sendiri adalah saudara kembar dari Wuling Almaz. Keduanya lahir dari rahim yang sama, pabrik Wuling Motors di Cikarang. Wuling memang mengekspor SUV dengan logo Chevrolet Captiva ke beberapa negara.

Setelah pengumuman Chevrolet menarik diri dari Thailand, apa yang akan terjadi pada Captiva yang diekspor oleh Wuling Motors Indonesia?

"Untuk permintaan ekspor, itu tentu mengikuti kebutuhan masing-masing negara. Kami masih menunggu informasi dari sana untuk rencana masa depan," kata Hubungan Media Wuling Motors Indonesia, Brian Gomgom, kepada AFP.

Dilaporkan sebelumnya, pecinta merek Chevrolet menyerbu dealer setelah pengumuman Chevrolet menarik diri dari negara itu. Anda lihat, dealer Chevrolet menawarkan diskon besar-besaran setelah keputusan GM untuk meninggalkan negara itu pada akhir tahun ini.

Salah satu mobil yang dijual adalah Chevrolet Captiva. Kembar Almaz Wuling didiskon hingga 50%.

Kembar Chevrolet Captiva dari Wuling Almaz di Thailand dijual dengan harga setengah. Harga resmi mulai dari 999.000 baht (Rp. 439 juta), sekarang turun menjadi 499.000 baht (Rp. 219 juta).

Warga Thailand, seorang tenaga penjualan di showroom Chevrolet Pichit Diamond Khon Kaen, Sukanya Kanyabut mengatakan, setelah berita diskon besar-besaran Chevrolet mencuat, banyak konsumen menghubunginya setiap hari. Bahkan, 300 unit Captiva dijual dalam 1 hari dengan diskon 50%.

Lihat video "Perpisahan Chevrolet dari Indonesia, Apa Nasib Pengguna?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)