Bangkok –

General Motors (GM) memutuskan merek Chevrolet untuk meninggalkan pasar Thailand. Di pasar itu, sebenarnya ada mobil Chevrolet buatan pabrik Indonesia. Yakni Chevrolet Captiva yang diproduksi oleh Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat.

Chevrolet baru saja keluar dari Thailand pada akhir tahun 2020. Seperti Chevrolet di Indonesia, Chevrolet Thailand juga berjanji untuk mencuci gudang.

Kabarnya Bangkok Post, pecinta merek Chevrolet menyerbu dealer setelah pengumuman Chevrolet ditarik keluar dari negara itu. Anda lihat, dealer Chevrolet menawarkan diskon besar-besaran setelah keputusan GM untuk meninggalkan negara itu pada akhir tahun ini.

Salah satu mobil yang dijual adalah Chevrolet Captiva yang pada dasarnya adalah saudara kembar dari Wuling Almaz. Chevrolet Captiva adalah mobil buatan Indonesia yang diproduksi di pabrik Wuling Motors di Cikarang. Mobil itu diekspor ke berbagai negara, salah satunya adalah Thailand.

Chevrolet Captiva buatan pabrik Wuling Indonesia sedang dijual di Thailand. (Wuling Motors Indonesia)

Kembar Chevrolet Captiva dari Wuling Almaz di Thailand dijual dengan harga setengah. Harga resmi mulai dari 999.000 baht (Rp. 439 juta), sekarang turun menjadi 499.000 baht (Rp. 219 juta).

Warga Thailand, seorang tenaga penjualan di showroom Chevrolet Pichit Diamond Khon Kaen, Sukanya Kanyabut mengatakan, setelah berita diskon besar-besaran Chevrolet mencuat, banyak konsumen menghubunginya setiap hari. Bahkan, 300 unit Captiva dijual dalam 1 hari dengan diskon 50%.

Sebagai kembaran dari Wuling Almaz, Chevrolet Captiva yang dijual di Thailand tidak memiliki perbedaan yang signifikan di bagian eksteriornya. Hanya emblem di grille depan dan di pintu belakang yang membedakan.

Mengenai mesinnya, Chevrolet Captiva mengusung kapasitas 1.500 cc turbo, yang dapat menghasilkan tenaga 143 hp pada 5.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 2.400 rpm. Mobil ini memiliki penggerak roda depan dan menggunakan transmisi otomatis CVT.

Sementara dari segi interiornya, tidak terlihat berbeda antara Wuling Almaz dan Chevrolet Captiva. Bagian headunit memiliki layar digital besar, yang dikombinasikan dengan sistem infotainment ChevroletLink.

Lihat video "Perpisahan Chevrolet dari Indonesia, Apa Nasib Pengguna?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)