Jakarta –

Marc Marquez mengalami kecelakaan yang sangat buruk selama balapan MotoGP Spanyol di Jerez, (19/7). Mantan pembalap MotoGP, Colin Edwards, juga mengomentari insiden yang tidak menguntungkan itu.

Marc Marquez mengalami kecelakaan sisi tinggi ketika sepeda motor melaju 150 km / jam di tikungan. Ban belakang sepeda motor Marquez telah tergelincir, Marquez tidak dapat mengendalikannya sehingga mengalami kecelakaan samping yang parah. Baby Aliens terluka, lengan kanannya retak.

Edwards tweeted melalui Twitter bahwa kecelakaan pebalap Honda itu disebabkan oleh perangkat elektronik.

"Pelakunya cedera Marquez bukan salahnya," kata Colin Edwards.

Pembalap Amerika itu mengatakan bahwa perangkat elektronik membuat pengemudi lebih percaya diri, tetapi masalah perangkat elektronik dapat terjadi kapan saja selama balapan.

"Inilah yang ingin saya katakan. Ketika Anda memiliki sistem pendukung dan Anda memercayai hidup dalam kendali (elektronik), Anda yakin itu melebihi istri Anda."

"(perangkat elektronik) selalu sama di putaran demi putaran, bukan masalah. Tapi kadang-kadang sistem mengalami kebingungan (masalah)," kata Edwards.

Colin Edwards kemudian menyebut kecelakaan Marc Marquez yang dialami Casey Stoner di sesi kualifikasi MotoGP Amerika Serikat 2012.

"Dulu saya menyebutnya & # 39; waktu habis & # 39 ;. Hal yang sama terjadi pada Casey Stoner di Indianapolis. Sistem mendapat input yang berbeda, kemudian bingung," jelas Edwards.

[Gambas:Twitter]

Sistem elektronik menjadi bagian dasar dari motor MotoGP untuk mengoptimalkan kinerja mesin. Perangkat elektronik juga memainkan peran penting dalam masalah keamanan seperti mengendalikan tenaga liar yang hanya disalurkan ke ban belakang.

Tanpa sistem elektronik, bahkan pada gigi kedua atau ketiga, ban belakang akan kehilangan kendali. Di sinilah perangkat elektronik seperti kontrol traksi ikut berperan.

Mengutip halaman Kotak Repsol, kontrol traksi bekerja berdasarkan data yang dikirim oleh sensor kecepatan roda. Jika roda belakang berputar lebih cepat dari roda depan, sistem elektronik akan bekerja untuk memperbaikinya. Karena itu, roda belakang dapat membahayakan stabilitas dan handling pengendara.

Lihat video "Going Through Recovery, Marc Marquez Dapat Mengangkat Barbel"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / rgr)