Corvette memperluas pasar dengan menghadirkan setir kanan.

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN – Di kelas sportcar, Chevrolet (Chevy) memiliki produk andalan bernama Corvette. Tahun ini, ternyata nama Amerika Serikat (AS) cukup banyak diwujudkan sejumlah terobosan melalui produk Corvette.

Dilansir dari Car and Driver, Sabtu (13/6), salah satu terobosan terbaru yang secara resmi diumumkan oleh Chevy adalah soal menata setir. Mempertimbangkan, selama ini, Corvette hanya dipasarkan di lay out drive tangan kiri (LHD).

Kini, Corvette dengan kode C8 mulai ditawarkan dalam format setir di sisi kanan atau kanan drive (RHD). Artinya, sportcar secara hukum mulai dipasarkan di sejumlah negara dengan standar RHD. Beberapa negara yang menjadi target utama C8 RHD itu sendiri adalah Inggris, Jepang dan Australia.

Dengan lay out baru ini, Corvette 2021 secara otomatis akan dapat memperluas pasar secara signifikan. Mengingat, populasi dunia yang menggunakan LHD sebenarnya hanya sepertiga dari populasi dunia. Artinya, mayoritas populasi dunia adalah pengendara dengan lay out RHD.

Chevy membuat keputusan strategis ini setelah melihat hasil positif yang diraih oleh Ford. Sebelumnya, Ford juga baru saja mulai memasarkan Ford Mustang RHD dan terbukti memberikan hasil yang signifikan dalam hal volume penjualan.

Soal harga, versi setir kanan yang kemungkinan akan diluncurkan tahun depan diperkirakan akan ditawarkan dengan harga 80 ribu hingga 90 ribu dolar AS. Nantinya, C8 RHD akan dilengkapi dengan rem Brembo, diferensial selip terbatas yang dikontrol secara elektronik, kinerja knalpot, dan peredam Kontrol Selektif Magnetik.

Secara umum, Corvette atau Vette adalah mobil yang telah diperkenalkan sejak 1953. Sejak awal kehadirannya hingga 2019, Vette adalah sportscar bermesin depan. Mulai tahun ini, Vette mulai menerapkan format mid engine untuk meningkatkan kinerja dalam hal pemerataan beban kendaraan.

Hingga saat ini, Vette telah hadir pada generasi kedelapan. Generasi terbaru sendiri dilengkapi dengan mesin V8 6.2 liter yang disedot secara alami. Mobil 495 tenaga kuda ini menjadi Corvette pertama yang ditawarkan dalam opsi hardtop yang dapat ditarik. Dari semua terobosan ini, jelas bahwa Chevy tidak bermain dalam memperkuat penetrasi di segmen sportcar.