Jakarta –

Mobil buatan Daihatsu Indonesia sudah diterima pasar Jepang. Baru-baru ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengekspor Gran Max yang berganti nama menjadi Mazda Bongo ke Jepang.

Daihatsu Gran Max yang diproduksi di Indonesia telah diekspor ke Jepang sejak tahun 2007. Direktur Pemasaran dan Direktur Perencanaan & Komunikasi Perusahaan PT ADM Amelia Tjandra merupakan pencapaian produk buatan Indonesia dapat menembus negara berjuluk matahari terbit itu.

“Kita tahu Jepang itu kualitasnya paling bagus, masuk pasar ekspor bukan main-main, brand bisa ekspor ke Jepang secara berkelanjutan, karena kualitasnya sangat ketat,” kata Amel di sela-sela virtual workshop, Kamis (1/10/2020). ).

“Daihatsu sudah terbukti mampu mengekspor secara reguler ke Jepang dalam bentuk brand Toyota, Mazda terbaru, serta Daihatsu sendiri,” lanjutnya.

Adapun penerimaan, ratusan Mazda Bongos dibuat pada September.

"Yang pasti pada September kapasitas produksi kami 430 unit untuk Bongo Mazda, tapi bulan depan kami harus berusaha mendata," kata Amel.

Amel menuturkan, produk buatan Indonesia dipandang sebelah mata sebelum diekspor ke pasar Jepang. Banyak dealer yang meragukan kualitas mobil yang diproduksi di pabrik Daihatsu yang berlokasi di Sunter dan Karawang.

“Kebanggaan ini mencerminkan kemampuan masyarakat Indonesia karena pada awalnya kami ingin mengekspor banyak diler Toyota yang meragukan kemungkinan mobil produksi Indonesia yang diakui sebagai negara dengan kemampuan minim,” kata Amel.

Daihatsu Indonesia akhirnya mengekspor kendaraan niaga ringan serupa Gran Max ke Jepang, antara lain Toyota Town Ace, Lite Ace, dan Mazda Bongo.

“Kami sudah buktikan sejak 2007 hingga kami ekspor hingga hari ini, dan terakhir pada Juli 2020, kami bahkan melebarkan ekspor ke Mazda,” imbuhnya.

Bongo di Jepang adalah kendaraan niaga atau niaga ringan di Jepang. Mobil buatan Indonesia ini mirip dengan Gran Max yang dijual di Indonesia, namun terdapat penyesuaian fitur sesuai permintaan Jepang. Namun untuk mesin menggunakan basic yang sama dengan Gran Max yaitu 1.5 L.

Tonton video "Melihat Dealer Mazda Termewah di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)