Produksi akan terbatas untuk memenuhi pasar ekspor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Korona yang terjadi di Indonesia memaksa Daihatsu untuk sementara waktu menutup fasilitas produksinya. Penutupan sementara dilakukan dari 10 hingga 24 April 2020.

Sekarang, mulai 27 April, pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah mulai bergerak lagi. Direktur Eksekutif Senior ADM, Erlan Krisnaring mengatakan, pembukaan kembali fasilitas produksi dimulai dengan melatih karyawan pabrik sehingga proses produksi ADM akan sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19.

"Ini dilakukan sebagai persiapan untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di masa mendatang. Latihan ini juga dilakukan dengan mematuhi protokol pencegahan Covid-19, sehingga proses tidak dapat dilakukan secara besar-besaran untuk memastikan jarak perpindahan karyawan selama pelatihan minimal 1 meter, "kata Erlan Krisnaring dalam keterangan pers kepada Republika.co.id, Senin (27/4).

Sementara itu, untuk semua karyawan di Kantor Pusat, selama periode PSBB akan terus bekerja dari rumah sesuai dengan Keputusan Gubernur Jakarta No. 412 pada tahun 2020.

Setelah semua persiapan dikonfirmasi sesuai dengan protokol covid-19, ADM akan mempertimbangkan untuk memulai kembali produksi. Namun, pada tahap awal, produksi dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar ekspor saja. Kegiatan produksi masih akan dilakukan dengan jumlah karyawan dan jam kerja yang terbatas.

"Dalam kondisi pandemi, kami akan memastikan bahwa seluruh proses produksi ADM mematuhi peraturan pemerintah, sehingga kesehatan dan keselamatan karyawan dapat dipertahankan. Latihan ini diberikan sebagai komitmen Daihatsu untuk selalu mengikuti peraturan pemerintah maksimum, "dia berkata.

Beberapa minggu yang lalu atau sebelum memutuskan untuk berhenti sementara, Daihatsu juga memutuskan untuk menghasilkan satu shift dengan waktu produksi lebih pendek dari biasanya. Dengan demikian, karyawan pabrik dapat tinggal di rumah secara bergantian.

Direktur Perencanaan & Komunikasi Korporat PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, mengatakan bahwa meskipun karyawan hanya bekerja sekali setiap dua hari, upah karyawan tetap dibayar penuh.

"Tidak hanya itu, untuk meningkatkan kekebalan karyawan, PT Astra Daihatsu Motor juga mengubah kebijakan fasilitas kesehatan sehingga karyawan dapat membeli vitamin secara bebas tanpa resep dokter," kata Amelia.