Daihatsu menawarkan promo dan penawaran menarik selama penjualan virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam persiapan untuk kembali ke aktivitas normal, sebuah mobil pribadi adalah salah satu pilihan transportasi teraman yang dapat diandalkan untuk perjalanan. Namun, di tengah pandemi yang belum berakhir seperti sekarang ini, tidak semua konsumen dapat melakukan proses pembelian mobil dengan mengunjungi outlet.

Daihatsu menyediakan layanan sehingga orang dapat tetap aman dan nyaman dalam memesan mobil tanpa harus mengunjungi outlet, yaitu melalui acara bertajuk Virtual Daihatsu Festival.

Kepala Divisi Pemasaran & Hubungan Pelanggan PT Astra Internasional Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, acara ini adalah ajang bagi konsumen yang ingin memesan mobil Daihatsu secara online menggunakan media rapat digital.

"Dalam program ini, Daihatsu menawarkan promo dan penawaran menarik, seperti biaya admin gratis untuk pembelian kredit, Daihatsu Genuine Oil (DGO) gratis untuk penggantian oli mesin selama 1 tahun untuk 500 pelanggan pertama, untuk hadiah langsung yang menarik dari Daihatsu. Selain itu ke program penjualan "Tentu saja ada juga program hiburan di Virtual Daihatsu Festival, seperti komedi stand-up, talk show interaktif dan kuis," kata Hendrayadi dalam pernyataan pers kepada Republika.co.id, Senin (30/6) ).

Festival ini adalah kegiatan yang diadakan hanya dalam satu jam akhir pekan lalu. Kegiatan ini adalah terobosan Daihatsu dalam menghadirkan layanan penjualan yang aman dan nyaman dan masih menawarkan berbagai promo menarik.

"Daihatsu berusaha untuk selalu dekat dengan pelanggan dan memberikan layanan terbaik, bahkan tanpa tatap muka. Melalui Virtual Daihatsu Festival, Daihatsu tidak hanya menyediakan layanan pembelian mobil dengan program yang menarik, tetapi juga menyediakan layanan One Stop Solution yang didukung oleh Value Chain Astra, sehingga proses pembelian menjadi mudah dan cepat, "katanya.

Upaya ini juga dapat dikatakan sebagai upaya Daihatsu untuk terus meningkatkan pangsa pasar di tengah kondisi pasar yang menantang. Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengatakan, dari tahun ke tahun, penjualan Daihatsu memang menurun.

"Namun, pangsa pasar Daihatsu telah meningkat dari 18 persen pada Mei 2019 menjadi 18,4 persen pada Mei 2020," kata Amelia.

Secara total, penjualan Daihatsu di pasar partai besar tahun ini berjumlah 49.443 unit. Sementara penjualan ritel dari Januari hingga Mei 2020 adalah 48.019 unit.

Itu artinya, lanjutnya, penjualan ritel pada Januari hingga Mei menurun sekitar 39 persen. Ini juga menunjukkan bahwa Daihatsu mengalami penurunan yang lebih rendah dibandingkan dengan penurunan di pasar nasional yang mencapai 40 persen.

Sedangkan untuk partai besar, pasar nasional juga turun 41 persen. Sementara penurunan yang dialami Daihatsu hanya 39 persen.

"Itu berarti pangsa pasar Daihatsu secara keseluruhan penjualan juga meningkat dari 19,2 persen pada 2019 menjadi 19,9 persen pada 2020," katanya.