Baterainya diharapkan memiliki jangkauan hingga 700 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pembuat kendaraan mewah Jerman Daimler memperdalam aliansi dengan produsen baterai Cina CATL. Aliansi ini bertujuan untuk menghasilkan paket baterai yang mampu mencapai 700 kilometer.

Baterainya diklaim mampu mengisi daya lebih cepat dari model sebelumnya, dan disiapkan khusus untuk kendaraan Mercedes-Benz (Mercy). Daimler juga bekerja dengan berbagai perusahaan baterai. Selain CATL, Daimler menjalin kerja sama dengan LG Chem untuk menyiapkan mobil listrik dan hybrid.

Penandatanganan kesepakatan dengan CATL pada Rabu (5/8) meliputi penyediaan sel baterai dan seluruh sistem baterai, serta menggabungkan kolaborasi penelitian yang sudah ada.

"Kami bermaksud untuk memimpin teknologi baterai, jadi kami sekarang menggabungkan keahlian penelitian dan pengembangan kami sendiri dengan mitra yang berani," kata Daimler dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Kamis (6/8).

Mereka menambahkan bahwa perjanjian tersebut mencakup berbagai teknologi baterai dari semua modul untuk mobil Mercedes-Benz. "Kolaborasi ini juga mencakup desain CATL cell-to-pack (CTP), yang menghilangkan modul konvensional dan mengintegrasikan sel langsung ke dalam baterai," tambahnya.

Dalam jangka panjang, kerjasama antara keduanya diharapkan dapat mempersingkat siklus pengembangan dan menghemat biaya secara berkelanjutan.

sumber: perantara