Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) telah memperkenalkan sepeda motor listrik pertamanya untuk Indonesia, Honda PCX Electric. Tetapi sepeda motor belum dijual kepada masyarakat umum tetapi disewakan terbatas pada berbagai perusahaan atau pemerintah.

Menyambut kelahiran listrik PCX, beberapa dealer sedang mempersiapkan diri. Tercatat, kini ada 5 dealer resmi sepeda motor Honda atau Stasiun Servis Resmi Honda Honda (AHASS) di Jakarta yang siap melayani.

"Dalam hal aftersales, beberapa bengkel kami juga telah disiapkan. Biayanya ada di sana, tetapi minimal. Yang paling penting adalah semua layanan dapat dilayani," kata Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya pada saat peresmian. Honda PCX Electric di Jakarta.

"Karena ini masih awal, sekarang masih ada 5 AHASS di Jakarta yang bisa memberikan layanan jasa," lanjutnya.

Demi kesiapan para teknisi sendiri, Divisi Layanan Teknis AHM GM Wedijanto Widarso mengatakan tidak ada masalah, alias sudah siap. Karena mengelola listrik PCX tidak jauh berbeda dengan PCX hybrid yang sebelumnya diluncurkan dan dipersiapkan sebelumnya oleh Honda Indonesia.

"Alat ini mirip dengan PCX hybird mulai dari isolator dan segala macam. Jadi tidak jauh berbeda dengan yang hibrida. Aftersales tidak jauh berbeda," katanya.

Bahkan untuk perawatan motor sendiri, mirip dengan PCX konvensional atau berbahan bakar bensin. Hanya saja harganya berbeda, yang bisa lebih murah atau mahal.

"Pemeliharaan produk sama dengan PCX konvensional, hanya mengganti komponen dan memeriksa barang-barang berbeda. Lebih sedikit (memeriksa barang). Tetapi tidak harus murah, karena teknologi yang digunakan juga lebih tinggi," pungkasnya. (ruk / lth)