Jakarta –

Pada tahun 2005, dealer pertama Ferrari-Maserati dibuka di China, di kota Guangzhou. Sekitar tujuh tahun kemudian tepatnya pada tahun 2012, dealer tersebut harus ditutup karena adanya undang-undang antikorupsi baru di China.

Secara mengejutkan dealer ini tutup dan meninggalkan harta karun bagi para pecinta mobil. Saat dicek kembali, ditemukan tiga mobil eksotis yang mungkin belum laku dan tertutup debu.

Porsche Carrera GT Foto: autoevolution

Penampakan ini diabadikan dan diunggah ke akun Instagram @cheongermando. Di dalam diler tersebut terdapat Porsche Carrera GT, satu dari 43 unit Ferrari 575 Superamerica dengan transmisi manual dan Corvette Z06. Semua mobil ini telah dikurung di dealer selama hampir satu dekade dan tampaknya tidak tersentuh sama sekali hingga sekarang.

Dealer mobil ini terpaksa tutup sekitar tahun 2012 setelah Presiden Xi Jinping mengesahkan undang-undang antikorupsi yang dimaksudkan untuk mencegah konsumsi barang mewah. Akibat peraturan ini, dealer ini sama sekali tidak dapat menjual mobil-mobil ini di bawah undang-undang yang ketat di negara tersebut.

Dari 3 mobil tersebut, hanya Porsche Carrera yang bisa dilacak sejarah hidupnya. Ini adalah mobil bekas yang digunakan di Rusia dan Jerman sebelum mendarat di daratan Cina.

Porsche Carrera GT Foto: autoevolution

Spidometer mobil ini mencatat jarak 4.581 km saat terakhir terlihat di sana. Mobil ini juga tergolong langka, karena warna seperti ini hanya ada di dunia. Total ada 1.270 Porsche Carrera GT yang keluar dari jalur produksi dan yang tertinggal di belakang dealer ini adalah jalur produksi ke-1.255.

Orang terkenal yang diketahui memiliki salah satu mobil ini adalah Paul Walker. Sayangnya, mobil ini juga merupakan mobil terakhir yang dikendarai Walker jika terjadi kecelakaan lalu merenggut nyawanya.

Porsche Carrera GT Foto: autoevolution

Porsche Carrera GT mengusung mesin 5.700 cc 10 silinder yang menghasilkan tenaga 650 bhp (485 kW) dan 630 Nm (465 lb-ft). Mobil ini mampu melaju dari titik 0-100 km dalam hitungan 3,7 detik, atau lebih cepat 0,2 detik dari versi standarnya. Supercar ini membutuhkan waktu 9,7 detik untuk menjelajah dari 0-200 km / jam dan mampu menembus kecepatan maksimal 335 km / jam.

Stok baru untuk mobil ini sudah tidak ada lagi, namun jika ingin membeli mobil bekas harganya mulai dari Rp 10 Miliar.

Tonton Video "Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lth)