Spielberg –

Pembalap Yamaha Energy Monster, Maverick Vinales, mengalami kecelakaan parah di ajang MotoGP Styria (23/8). Vinales tampaknya turun dengan kecepatan 230 km / jam. YZR-M1 yang ditunggangi Top Gun diduga gagal fungsi pengereman.

Seri kelima MotoGP 2020 digelar di Red Bull Ring Circuit, Austria, Minggu (23/8) malam. Sebanyak 22 pebalap mengikuti seri ini, dengan total lap sebanyak 28 lap.

Awalnya balapan berjalan mulus tanpa insiden. Hingga 21 lap tersisa, Joan Mir, Jack Miller, dan Takaaki Nakagami memimpin grup pertama. Di grup kedua Pol Espargaro, Alex Rins dan Andrea Dovizioso bertarung sengit.

[Gambas:Twitter]

Masalah serius lantas terjadi saat balapan menyisakan 12 lap. Maverick Vinales turun dari sepedanya pada 230 km jam sebelum belok satu.

Ia sengaja turun ke kanan dan membiarkan motornya meluncur tak terkendali dan menabrak pagar udara. Sepeda motor tersebut juga tampak hancur dan terbakar. Sementara Vinales selamat, ia bahkan berdiri dan tampak kecewa dengan kecelakaan itu.

Sebelumnya, Top Gun sempat mengindikasikan mengalami gangguan teknis pada motornya. Orang Spanyol itu tampak melambai di tikungan kelima. Diikuti dengan kecepatan motor yang melambat.

[Gambas:Twitter]

Menurut Fox Sports, Maverick mengalami kendala teknis pada motornya, terutama di bagian pengereman. Selain itu, M1 Vinales juga diduga mengalami masalah pada bagian transmisi. Pasalnya, sebelum Vinales melepas kendali motornya, sistem transmisi serasa mentok di gigi ketiga.

Atas insiden yang menimpa Vinales, bendera merah dikibarkan. Balapan dihentikan sejenak, hingga kondisi sirkuit dipastikan aman. Tak lama kemudian, balapan dilanjutkan dengan 12 lap tersisa.

Di posisi terdepan, Mir dan Miller langsung melesat. Pembalap KTM Pol Espargaro pun memanfaatkan peluang emas ini dengan masuk ke grup depan. Sementara itu, Taakaki Nakagami turun ke posisi ketujuh.

Pol terus melaju ke garis depan, dan dia memimpin dengan enam lap tersisa. Miller di urutan kedua, diikuti oleh Miguel Oliveira dan Andrea Dovizisio. Sedangkan Mir tertinggal dan berada di posisi kelima.

Pada akhirnya Pol Espargaro dan Jack Miller terlibat pertarungan sengit di lap terakhir perebutan tempat pertama. Saling menyalip, siapa sangka Miguel Oliveira muncul dari tiga besar. Ia memenangkan persaingan setelah melewati Pol Espargaro dan Jack Miller yang terlibat duel sengit di tikungan terakhir. Miller juga mengisi tempat kedua, dan Espargaro naik podium ketiga.

Tonton Video "Ciamik Miguel Oliveira Maneuver in the Final Curve of the MotoGP Styria" Video
[Gambas:Video 20detik]
(lua / riar)