Pandemi membuka potensi pasar ambulans.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi yang terjadi saat ini membuka sejumlah peluang bagi industri otomotif. Salah satu potensi yang terbukti adalah kebutuhan akan ambulans.

Hal ini pula yang mendorong DFSK untuk kembali berinovasi. Berdasarkan keterangan pers kepada Republika.co.id, Jumat (9/10), inovasi kali ini diwujudkan DFSK melalui hadirnya produk Glory 580 berupa ambulans.

Deputy Marketing Director PT Sokonindo Automobile (DFSK) Mayor Qin mengatakan produk ini bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang membutuhkan ambulans dengan desain lebih elegan dan mewah tanpa mengurangi kemampuannya sebagai kendaraan ambulans yang memuat berbagai jenis fasilitas ambulans.

“Kami melihat untuk kondisi saat ini diperlukan kendaraan ambulans VIP dengan desain yang lebih elegan, mewah dan berkelas. Oleh karena itu, DFSK mencoba berinovasi dengan menawarkan ambulans berbasis DFSK Glory 580 untuk menjadi pilihan konsumen yang butuh ambulans VIP, "kata Mayor Qin.

Pengembangan Ambulans DFSK Glory 580 ini dilakukan bersama dengan badan spesialis ambulans bernama Indonesian Smart Ambulance (API) yang sudah berpengalaman sejak 2011.

Mengenai spesifikasinya, API akan menawarkan sejumlah spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, baik dari segi desain, fasilitas, dan kebutuhan lainnya. Secara total, produk ini hadir dalam tujuh varian ambulans dan dua di antaranya merupakan spesifikasi khusus untuk kebutuhan pasien dan jenazah Covid-19.

Spesifikasi yang ditawarkan antara lain ubahan pada sektor eksterior dan interior. Di sektor eksterior, ambulans DFSK Glory 580 bisa dilengkapi dengan lampu bar LED oval, sirene, lampu sorot, dan logo. Sedangkan untuk interiornya, tersedia pilihan tandu runway, lampu operasi, tabung oksigen, P3K, gantungan infus dan berbagai kebutuhan lainnya yang dibutuhkan oleh ambulans.

Menurutnya, semua itu sangat dimungkinkan karena DFSK Glory 580 ditunjang kabin yang lapang dan ground clearance kendaraan 200 mm yang andal untuk melewati berbagai kondisi jalan di Indonesia. Selain itu, performanya juga dinilai cukup mendukung berkat dukungan mesin 1.500 cc turbocharged 150 PS dengan torsi 220 Nm.