DFSK melihat kebutuhan akan ambulan meningkat, terutama selama pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pandemi saat ini meningkatkan kebutuhan akan kendaraan ambulans. Ini juga mendorong DFSK untuk berinovasi dengan menghadirkan varian baru yaitu DFSK Super Cab dalam format mobil ambulans.

Direktur Pelaksana Pusat Penjualan PT Sokonindo Automobile (DFSK), Franz Wang mengatakan, setelah melihat perkembangan di segmen ini, DFSK akhirnya mengembangkan ambulans berdasarkan DFSK Super Cab yang telah terbukti unggul, ulet, dan efisien.

"DFSK melihat bahwa ada kebutuhan bagi konsumen di segmen kendaraan ambulans untuk mendukung kegiatan medis di Indonesia, yang semakin besar belakangan ini," kata Franz Wang dalam percakapan virtual dengan DFSK, Kamis (2/7).

Dia mengungkapkan, desain ambulan menggunakan basis DFSK Super Cab 1.3T Diesel dan 1.5L Gasoline yang telah membuktikan kemampuannya dalam berbagai kebutuhan komersial ringan di Indonesia. Dengan varian ini, konsumen dapat memilih untuk menggunakan mesin diesel Turbocharged 1.300 cc dengan daya 75 PS dan torsi 190 Nm yang dapat diandalkan untuk jalan berbukit, atau mesin bensin 1.500 cc dengan tenaga 102 PS dan torsi 140 Nm yang sangat cocok untuk kontur jalan perkotaan dan perkotaan.

Kemudian, bepergian dengan pasien juga akan lebih aman dengan adopsi desain sasis balok Nine-Horizontal dan Two-Longitudinal. Menurutnya, sasis ini telah terbukti memberikan stabilitas dan kekuatan yang lebih baik untuk melakukan perjalanan melalui berbagai bidang dengan muatan.

Khusus untuk pekerjaan Ambulans Kab Super DFSK, DFSK mengambil Badan Ambulans Cerdas Indonesia (API) yang telah mengkhususkan diri dalam membuat ambulans sejak 2011. API menunjukkan kemampuannya sebagai badan spesialis untuk ambulans mulai dari desain, produksi, hingga peralatan dalam kendaraan hingga bersiaplah untuk menjadi kolega terbaik tenaga medis dalam memberikan layanan kepada pasien.

Sisi eksterior DFSK Super Cab Ambulance dilengkapi dengan bar lampu LED oval dan didukung oleh sirene multi-suara lengkap dengan mic, lampu sorot model spot belakang, stiker ambulans, pelat pelindung bumper stainless steel, hingga 60 hingga 80 persen kaca film untuk memberikan privasi pasien di dalam.

Sedangkan sektor kabin untuk produk ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh tenaga medis dalam melaksanakan tugasnya memberikan pertolongan pertama kepada pasien yang membutuhkan. Karena, DFSK Super Cab Ambulan dilengkapi dengan tempat tidur pasien yang juga dilengkapi dengan rel untuk memfasilitasi akses ke tempat tidur pasien, lampu periksa, kursi perawat dengan kotak peralatan, gantungan infus model geser, sistem BSS oksigen, ke penghalang pemisahan antara kabin pengemudi dan kabin pasien.

Bahkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pasien Covid-19, DFSK Super Cab Ambulan juga dilengkapi dengan isolator tandu yang aman bagi pasien dan tenaga medis yang bertugas.

Tidak hanya itu, DFSK juga telah menyiapkan jaminan untuk menjaga kualitas kendaraan DFSK Super Cab Ambulan sehingga tetap dapat beroperasi prima. Setiap pembelian DFSK Super Cab Ambulan, mobil ini akan mendapatkan garansi peralatan yang ada di dalamnya selama satu tahun dan garansi kendaraan selama 3 tahun atau 120.000 kilometer.