Bandung – Ratusan komunitas kreatif Jawa Barat menggelar Deklarasi Jawa Barat yang Kondusif, di Jalan Braga, Bandung, Minggu (11/11/2018). Acara dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi tiba di lokasi acara sekitar pukul 13.20 WIB. Dia datang menggunakan sepeda motor Kawasaki W175 yang dimodifikasi, hijau. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terlihat mengemudi di belakang Jokowi dengan sepeda motor Royal Enfield.

Kehadiran nomor satu di Indonesia segera disambut oleh warga dan sejumlah komunitas yang memadati kawasan Jalan Braga sebagai lokasi acara. Jokowi juga tampaknya meluangkan waktu untuk mengunjungi sejumlah penyewa yang menampilkan berbagai karya yang dihasilkan oleh kreativitas masyarakat dari Jawa Barat.

Pemrakarsa Komunitas Kreatif Jawa Barat Budi Dalton menjelaskan, deklarasi itu diadakan untuk menyebarkan pesan ke masyarakat luas bahwa komunitas kreatif Jawa Barat siap untuk mempertahankan kondusifitas wilayahnya. Terutama menjelang pemilihan 2019 yang akan datang.

Pasalnya, kata Budi, selama ini sudah ada yang menyebut Jawa Barat sebagai pusat radikalisme. Melalui acara ini, ia ingin menghapus citra buruk di mata publik.

"(Acara) diadakan awalnya karena ada kecemasan di teman-teman Kota Bandung dan kemudian ke Jawa Barat, dan ada banyak yang aktif dan ada yang disebut pusat radikalisme dan lain-lain," kata Budi ketika ditemui di lokasi acara. .

Selain deklarasi, ia juga mempresentasikan berbagai kegiatan yang menampilkan camilan kreatif di masyarakat Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang diterima ada 165 komunitas mulai dari komunitas otomotif, industri kreatif, budaya dan lain-lain untuk memeriahkan acara.

"Ini adalah momen untuk semua dan sebagai pengingat (untuk terus mempertahankan kondusivitas)," katanya.

Ia berharap agar masyarakat di Jawa Barat dapat terus menyebarkan pesan positif kepada masyarakat. Selain itu, dapat menangkal hoax atau hoax yang cukup mengganggu.

"Mereka (masing-masing komunitas) sering berkumpul dan mereka akan lebih mudah masuk lagi sehingga akses ke kota, semoga nanti juga punya rumah untuk kondusif," katanya. (rgr / ddn)