Jakarta – Selama ini sirkuit balap motor di Indonesia belum mampu menggelar kelas MotoGP. Terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah acara balap Grand Prix 1997.

Dan berita terbaru sekarang mengatakan bahwa Indonesia siap untuk mengadakan MotoGP pada tahun 2021. Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dikatakan sebagai tempat.

Menanggapi hal tersebut, Manajer Keselamatan Berkuda dan Motorsport PT Astra Honda Motor (AHM) Anggono Iriawan, mendukung gagasan membangun sirkuit balap di Mandalika, karena kehadiran MotoGP di Indonesia, ditunggu oleh para penggemarnya.

"Jika Sirkuit Mandalika terwujud, kami pasti akan sangat bahagia. Yang antusias bukan hanya kami yang ada di dunia balap. Tapi juga para penggemar MotoGP di Indonesia yang memiliki populasi sangat besar," kata Anggono, kepada telepon melalui Jumat (22/2/2019).

Anggono menambahkan, kehadiran acara balap kelas MotoGP tidak hanya akan berdampak pada dunia balap motor di Indonesia. Lebih dari itu, itu juga akan membuat banyak manfaat dalam hal pariwisata.

"Dampaknya tidak hanya pada balap, dunia pariwisata juga. Ya, ada banyak dampak positif, negara kita juga berarti aman, karena bisa mengadakan acara di tingkat dunia," pungkas Anggono.

Foto Sirkuit Mandalika: ist.

Sebagai informasi, ajang MotoGP Indonesia direncanakan menggunakan sirkuit jalan raya Mandalika yang memiliki panjang 4,32 km. Rangkaian memiliki garis lurus, yang tampaknya menjadi garis start / finish.

Rangkaian akan terdiri dari 18 tikungan. Untuk fasilitas pendukung, area paddock akan memiliki 40 garasi untuk pengoperasian tim balap. Sementara kapasitas stand grand mencapai 93.200 kursi. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa suite tempat duduk dan keramahtamahan yang dapat menampung 7.700 penonton. (lua / lth)