Jakarta –

Baru-baru ini perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling (SGMW) memperkenalkan produk mobil listrik kecil baru, Wuling Hong Guang Mini EV. Mengandalkan energi terbarukan atau tenaga listrik, mobil-mobil ini dijual murah dan terbukti langsung mendapatkan popularitas.

Dikutip dari media Tiongkok, Gasgoo, Wuling Hong Guang Mini EV telah menerima pesanan sebanyak 50 ribu unit di Tiongkok. Dalam 20 hari pertama, 15 ribu unit dimiliki oleh pelanggan baru.

Mobil listrik yang ditawarkan Wuling memang tergolong murah. Bisa dibilang di Indonesia harga mobil ini bisa bersaing dengan mobil LCGC. Di China, Wuling Hong Guang Mini EV dijual dengan harga sekitar USD 6.000 atau Rp 90,7 juta (kurs 1 dolar = Rp 15.111).

Wuling Hongguang X Foto: CarNewsChina

Harga yang murah tentunya sebanding dengan performa yang ditawarkan. Mobil mungil ini dibekali dua pilihan baterai 9,2 kWh atau 13,8 kWh. Telah diuji menurut NEDC (New European Driving Cycle) yang dapat menempuh jarak 150-200 km dengan sekali pengisian.

Mobil mungil ini bisa dikatakan mirip dengan mobil kei Jepang yang dimensinya sangat minimalis. Di atas kertas, mobil ini memiliki dimensi panjang 2,9 meter x lebar 1,4 meter x tinggi 1,6 meter. Meski kecil, karena ketiadaan mesin konvensional, ruang kabin masih bisa diisi empat penumpang. Bahkan kabarnya mereka masih bisa membawa dua koper berukuran 26 inci atau satu kereta dorong bayi.

Meski dari luar terlihat mobil hanya memiliki dua pintu, sebenarnya muat untuk empat orang. Penampilan menarik lainnya adalah pengaplikasian dua warna berbeda pada atap dan bodi mobil.

Sisa mobil ini tampak seperti mobil Wuling lainnya dengan fascia yang khas. Namun, Wuling Hong Guang Mini EV terlihat seperti mobil Wuling yang mengecil ke ukuran kecil

Tonton Video "Mobil Listrik Anak Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lth)