Jakarta –

Honda Civic Type R Limited Edition secara resmi menjadi mobil keselamatan di World Touring Car Cup (WTCR) 2020. Perlombaan WTCR akan berlangsung selama 6 putaran di Eropa dan dimulai di Salzburgring, Austria pada 12-13 September 2020.

Seperti mobil keselamatan, ada grafik baru yang mengelilingi Honda Civic Type R, yang merupakan gaya baru untuk WTCR 2020 dengan warna & # 39; Sunlight Yellow & # 39 ;.

Tidak hanya itu, optimalisasi kinerja di trek juga didukung oleh roda BBS 20 inci yang ringan, ban Michelin Pilot Sport Cup-2, damper yang dimodifikasi, dan 2 disc brake mengambang. Strip-back interior pada Type R Limited Edition juga berkontribusi mengurangi berat 47 kg dibandingkan dengan Type R GT.

Sementara di balik bonet, Honda Civic Type R edisi terbatas masih dicangkokkan dengan mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang memiliki output daya puncak hingga 320PS pada 6.500 rpm dan torsi puncak 400Nm, mobil ini dapat berjalan pada kecepatan 0-100 km / h (0-62 mph) dalam 5,7 detik.

"Honda memiliki banyak sejarah dalam kompetisi FIA World Touring Car dan komitmen jangka panjangnya dalam kategori ini tidak ada duanya, jadi kami senang menyambut Honda sebagai mitra baru untuk menjadi Mobil Keselamatan resmi FIA Piala Dunia Tur Dunia dengan Civic Type R Limited Edition-nya, "kata Kepala Acara Eurosport, promotor WTCR Francois Riberio.

Setelah diluncurkan pada bulan Februari di JAS Motorsport Milan, Civic Type R Limited Edition adalah salah satu dari dua varian baru yang akan ditambahkan ke jajaran Type R untuk tahun 2020 sebagai versi ekstrem dari ikon hatchback yang dibuat hingga saat ini. Selain itu, dilaporkan juga bahwa 4 Honda Civic Type R TCRs juga akan muncul di ALL-INKL.COM Münnich Motorsport dan ALL-INKL.DE Münnich Motorsport.

Honda Civic Type R Limited Edition menjadi safety car di acara WTCR 2020 Foto: Honda

Sebelum secara resmi menjadi mobil keselamatan, kata Honda Civic akan disuntikkan sampai mati di kota kelahirannya. Honda tidak hanya menghentikan produksi Civic empat pintu dari pasar Jepang, tetapi juga mengakhiri produksi lokal sedan kompak. Hatchback lima pintu dan Tipe R akan dijual di Jepang sebagai barang impor dari pabrik mereka di Inggris hingga akhir siklus hidup model saat ini.

Produksi di Inggris tidak akan lama karena Honda telah memutuskan untuk menutup pabrik pada tahun 2021. Pabrik Honda lain yang membuat Civic, yang berada di Turki, juga akan mengakhiri kegiatannya tahun depan.

Secara tidak langsung, produksi mobil ini akan terus menurun. Belum ada informasi apakah Civic akan dibuat di pabrik Honda AS atau jaringan pabrik lainnya. Di AS mobil ini masih termasuk sebagai mobil favorit, berbanding terbalik dengan minat pasar di kota kelahirannya sendiri.

Lihat videonya "Marc Marquez Betah di Honda, Jangan Pindah"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / lua)