Jakarta –

Mobil bermerek Volvo terkenal dengan bodi dan kekuatan rangka. Saking kuatnya, Volvo dijuluki sebagai Swedish Tank. Terakhir, Volvo 960 tahun 1997 tidak mengalami kerusakan berarti, meski SUV itu menabrak 'pantat'. mobil rusak cukup parah.

Volvo milik Bramedi Putra tampaknya tidak mengalami kerusakan parah. Rangkanya masih utuh, tidak ada shift. Bentuk mobilnya masih bisa terlihat dengan jelas dan utuh.

Lalu bagi pecinta otomotif yang tertarik melamar mobil ini, bagaimana dengan perawatannya? Apakah suku cadang mudah didapat dan mahal?

"Orang selalu bilang Volvo punya suku cadang mahal. Ya, mahal dibanding mobil Eropa lain seperti Mercedes Benz, BMW. Volvo paling mahal," kata Bramedi Putra saat dihubungi detik.com, Selasa (15/5) 9).

"Tapi saya telah menggunakan Volvo selama ini, hanya seperti (misalnya) rem Volvo benar-benar tepat, ya. Kami menggantinya dengan sangat mahal tetapi selama beberapa dekade."

"Jadi orang-orang yang baru mengenal Volvo (masalahnya terus berlanjut – Red), mungkin mereka salah menilai Volvo. Jadi itu bukan Volvo bekas, tapi Volvo bekas," candanya.

Zefanya Bagus Sunaryo Aritonang, pengguna Volvo lainnya, yang viral saat terlibat kecelakaan truk terguling di rest area KM 97, jalur B, Tol Cipularang awal tahun lalu. Ia juga mengatakan suku cadang untuk mobil asal Swedia cukup sulit ditemukan.

"Pengalaman saya punya Volvo tidak terlalu merepotkan, tapi mencari suku cadangnya cukup sulit, karena populasi mobil ini tidak banyak," kata Bagus.

Menurut Bagus, hanya segelintir toko suku cadang di kota besar seperti Jakarta yang menyediakan suku cadang Volvo. Meski begitu, kondisinya tidak selalu siap dan agak mahal. Jadi pada akhirnya Anda harus mengimpor sendiri.

“Sementara itu, bengkel mobil saya selalu saya titipkan kepada ketiga putra Volvo Motorcycles yang menaungi Kang Jajang,” kata Bagus.

Selain mengimpor secara mandiri dan menyerahkan perawatan ke bengkel spesialis Volvo, Bagus juga menyebutkan bahwa komunitas adalah salah satu solusinya.

“Saya tergabung dalam grup S / XC Series, di mana anggotanya memiliki keahlian sendiri dalam merawat Volvo,” lanjutnya.

“Intinya jangan takut pakai Volvo karena mobil ini cukup bisa diandalkan untuk dipakai sehari-hari. Buat saya, Volvo for life sesuai dengan slogan Volvo sendiri,” pungkasnya.

Tonton Video "Perpisahan Duta Besar Swedia dan Serah Terima Bus Volvo untuk TransJ"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)