Jakarta – Gesit sepeda motor listrik dari Garansindo dan ITS telah dikembangkan sejak 2015. Rupanya motor listrik yang dikembangkan sejak 2015 tidak hanya Gesits, ada juga Viar Q1.

Dalam situs resminya, Viar menulis prototipe motor listrik Viar Q1, yang dimulai pada tahun 2015. Pada tahun 2016, Viar Q1 mulai pamer di depan orang-orang Indonesia ketika dipajang di Jakarta Fair.

Pada tahun yang sama Viar berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada untuk penelitian dan pengembangan. Setahun kemudian, pada tahun 2017, Viar bekerja sama dengan Bosch untuk bekerja bersama sambil memperkenalkan cara untuk memesan sepeda motor. Pada tahun 2017 juga motor listrik Viar Q1 diluncurkan. Dibandingkan dengan Gesits, Viar selangkah lebih maju. Gesit belum diaspal. Bahkan waktu peluncuran terus tertunda hingga Januari 2019. Viar Q1 Foto: M. Lutfi Andika
Garansindo tidak peduli dengan peluncuran Viar yang mendahului Gesits.
"Jujur saya melihatnya, saya senang. Saya tidak ingin mengatakan bahwa barang itu bagus atau tidak. Tapi, semangat yang dibawa oleh Gesits telah berhasil membangkitkan antusiasmenya," kata CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah ketika ditanya untuk mengomentari Viar Q1

Viar melaporkan bahwa itu dijual dengan harga Rp. 17,15 juta pada bulan Mei, naik dari harga pertama. Sedangkan Gesits dilaporkan dijual dalam kisaran harga Rp 20 juta. (kering / rgr)