Jakarta –

Alex Marquez akhirnya meraih podium pertamanya bersama Repsol Honda di MotoGP Prancis. Namun sebelum itu, pebalap berusia 24 tahun itu terus dikritik karena disebut tidak layak bergabung dengan tim pabrikan Honda bersama sang kakak.

Ada yang mencibir kepindahan Alex Marquez untuk bergabung dengan Repsol Honda, termasuk ucapan sinisnya yang tak lepas dari faktor sang kakak Marc Marquez. Hal tersebut diungkapkan mantan pebalap Aprilia, Loris Reggiani yang mengaku tak terkesan dengan Alex yang berada di kelas tersebut.

Reggiani menilai Alex akan menjadi pengganggu Marc karena harus membantu adiknya beradaptasi dengan Repsol Honda.

Padahal Repsol Honda memilih Alex sebagai pengganti Jorge Lorenzo yang pensiun akhir musim lalu karena tak lepas dari kesuksesannya menjadi juara dunia Moto2 bersama tim Marc VDS.

Belum lagi penampilan Alex Marquez yang tengah berjuang dari MotoGP Spanyol hingga Catalonia. Bahkan, pengamat senior MotoGP Carlo Pernat tak segan-segan mencibir Alex Marquez bak tikus yang tenggelam. Hal tersebut ia ungkapkan setelah hasil mengecewakan dari Alex yang finis dengan RC213V di posisi ke-15 balapan MotoGP Ceko.

Di puncaknya, Alex Marquez berhasil melumat pebalap di depan satu per satu. Mulai dari posisi ke-18, pembalap Spanyol itu finis kedua. Sayatan ini membuat bangga saudaranya yang terluka.

Alex Marquez sangat menyadari bahwa penampilannya di Repsol Honda tidak sesuai harapan. Namun, kritik tersebut menjadi cambuk penyemangat bagi pebalap berusia 24 tahun ini.

"Pada akhirnya saya tahu mengapa saya di sini dan mengapa saya memakai warna-warna ini (Repsol Honda), saya juara dunia dua kali dan saya tahu mengapa mereka (HRC) mempromosikan saya ke tim Repsol Honda," kata Alex usai acara. ras. di Le Mans, seperti dikutip dari Crash, Selasa (13/10/2020).

"Kritik terkadang bagus, itu memberi Anda lebih banyak motivasi dan memberi Anda semangat untuk terus maju dan percaya pada diri sendiri."

“Saya setuju dengan kritik karena performa saya tidak sesuai harapan, apalagi di kualifikasi saya tidak secepat yang saya inginkan, tapi untuk pergerakan (bergabung dengan Repsol Honda) saya tidak peduli dengan kritik, saya tahu kenapa Saya di sini, "kata Alex. .

Seperti diketahui, Alex Marquez hanya menemani sang adik Marc di Repsol Honda selama setahun sebelum hijrah ke tim LCR Honda musim depan. Repsol Honda telah menetapkan pasangan Marc Marquez di MotoGP 2021. Pol Espargaro telah dipilih untuk menggantikan Alex Marquez.

Tonton Video "Alex Marquez Gaspol: Start ke-18, Kedua di MotoGP Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)