Jakarta – Suara suara knalpot yang dahsyat disertai musik dari joki Disc berhenti. Menandakan rangkaian acara modifikasi mobil terbesar di Indonesia, Indonesia Automodified (IAM) 2018 telah selesai. Lebih dari 250 mobil modifikasi terdaftar, dipilih dua nama untuk menjadi Raja dan Pemain Terbaik.

Tentu saja tidak mudah bagi juri untuk memutuskan ini. Setelah melewati berbagai pertimbangan, dipilih Toyota GT86 Corvette (V8) dan Honda Jazz oleh Platinum Auto Work Shop sebagai King and IAM 2018 Best Player.

Tidak mengherankan, mengingat ada cukup banyak pengunjung yang meramalkan kedua mobil akan menjadi juara. Masalahnya adalah modifikasi yang dilakukan tidak tanggung-tanggung. Mesin Toyota 86 V8 dari General Motors (GM) misalnya. Mobil telah meninggalkan mesin petinju 4-silinder dan sekarang, tenaga listriknya adalah 400 tenaga kuda. Seluruh tubuhnya sudah dibungkus serat karbon.

"Jadi mesinnya mentah, itu masih material, kita buat 6.200 cc. Tapi sekarang pakai piston kompresi rendah karena ingin supercharge. Tapi supercharger belum datang. Ini membuat mesin baru dipasang, baru gear holder. GM juga, "kata Ican kepada detikOto.

Berapa perkiraan modifikasi, ya? Diperkirakan mobil dihabiskan hingga Rp. 1 Milyar.

Sedangkan untuk Best Player yang dimenangkan oleh Honda Jazz oleh Platinum Auto Work adalah konsep Rocket Buny yang dimodifikasi yang menghabiskan sekitar Rp. 400 juta. Itu karena hampir semua sektor di mobil diubah kecuali bodinya.

Foto: Rifkianto Nugroho

"Sebagai contoh, kami telah bertukar (diganti) mesin dengan mesin Accord berkode K24," kata pembangun Andra.

Mesin baru ini juga sudah dilengkapi dengan turbo dan di dalam kabin, sudah ada tabung NOS yang siap meningkatkan daya akselerasi mobil.

Mengenai kaki, mobil telah didukung oleh 4 channel suspensi air sehingga mobil ini masih bisa digunakan setiap hari. (ruk / kering)