Jakarta –

KTM telah memulai musim MotoGP 2020 dengan awal yang mengesankan. Lima seri sudah terlewati, pabrikan asal Australia ini sudah mengantongi dua kemenangan. Tentu hal tersebut tidak lepas dari perkembangan motor RC-16.

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder menjuarai MotoGP Ceko, sementara pebalap Red Bull KTM Tech 3 Miguel Oliveira baru-baru ini menjuarai MotoGP Styria, disusul oleh Pol Espargaro yang finis ketiga di Red Bull Ring.

Dovizioso sangat menyadari level RC16, karena ia dapat melihatnya dari dekat selama balapan pekan lalu melawan Espargaro. Pembalap kawakan Ducati itu mengaku belum bisa memahami kekuatan KTM.

"Mereka melakukan pembenahan yang sangat penting. Tidak mudah di MotoGP melakukan langkah seperti itu. Tapi dari luar terlihat seperti motor yang aneh. Karena mereka punya karakteristik yang sangat berbeda," kata Dovizioso.

"Mereka berakselerasi dengan sangat baik, saya tidak tahu mengapa ini sangat aneh dan berbeda dari semua sepeda lainnya."

"Tapi juga sulit untuk memahami motornya karena Binder mengendarai seperti Moto2 saat ini, dan dia sangat cepat, dan itu sangat aneh. Balapan Pol sangat agresif dan terkadang dia begitu cepat, terkadang seperti di balapan dia kehilangan kecepatan putaran demi putaran, "lanjutnya. .

"Oliveira sering kali sangat cepat dan berkendara dengan cara yang berbeda. Agak sulit dari luar untuk memahami dengan tepat poin baik dan buruk dari motor, tetapi yang pasti mereka membuat langkah besar," kata Dovizioso.

Persaingan besar yang diraih KTM saat ini dikatakan tak lepas dari Dani Pedrosa dan Mika Kallio yang menggandeng KTM sebagai pebalap uji. Masukan yang diberikan keduanya dalam pengembangan motor ternyata banyak memberikan pengaruh positif bagi KTM.

Bicara spesifikasi, KTM RC16 Binder ride yang menjadi juara balapan MotoGP Ceko ini mengusung mesin 1.000cc empat silinder dengan konfigurasi mesin berbentuk V. Tenaga mesinnya bisa mencapai lebih dari 265 tenaga kuda. Kecepatan maksimalnya bisa lebih dari 340 km / jam.

Mesinnya bisa menjerit hingga 18.500 rpm. Mesin 1.000 cc V4 dipadukan dengan transmisi perpindahan gigi mulus.

Sementara itu, Pol Espargaro tak mau berpuas diri dengan prestasi yang diraih KTM. Menurutnya, RC16 masih harus memberikan pembuktian di beberapa sirkuit lain yang memiliki karakteristik berbeda.

"Kami sangat cepat, tetapi apakah kami sebagus penampilan kami? Saya tidak tahu, dan saya ingin mengikuti lebih banyak balapan untuk mencari tahu dan melihat bagaimana kami di tempat lain. Kami tidak sebaik di Jerez seperti di Brno atau di sini, jadi saya ingin tinggal. Tenang dulu, "kata Pol Espargaro.

Tonton "Quartararo Tercepat dalam Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)