Jakarta – Akhirnya, setelah lama didengar untuk dapat membeli kendaraan konsumen, Anda bisa mendapatkan uang muka nol persen (DP). Sekarang konsumen dapat menikmati uang muka (DP) atau uang muka sepeda motor dan mobil sebesar 0%. Kebijakan ini diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Peraturan OJK Nomor 35 / POJK.05 / 2018 tentang Implementasi Perusahaan Pembiayaan Bisnis.

Pasal 20 peraturan tersebut menetapkan bahwa uang muka kendaraan bermotor dapat 0% tergantung pada kondisi keuangan atau perusahaan leasing. Kutipan aturan berikut:

Paragraf 1

Perusahaan Pembiayaan yang memiliki Tingkat Kesehatan Finansial dengan kondisi kesehatan minimum dan memiliki nilai Rasio NPF Bersih untuk pembiayaan kendaraan bermotor yang lebih rendah atau sama dengan 1% dapat menerapkan ketentuan Uang Muka Pembiayaan Kendaraan Bermotor kepada Debitur sebagai berikut:

(a) Untuk kendaraan bermotor roda dua atau tiga, minimum 0% (nol persen) dari harga jual kendaraan yang bersangkutan

(B) Untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk Pendanaan Investasi, minimal 0% dari harga jual kendaraan yang bersangkutan

(c) Untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk Pembiayaan Multiguna, setidaknya 0% dari harga jual kendaraan yang bersangkutan.

Peraturan OJK ditetapkan di Jakarta pada tanggal 27 Desember 2018 oleh Ketua Dewan Komisaris OJK, dan mulai berlaku pada tanggal 28 Desember 2018, sesuai dengan tanggal peraturan tersebut diumumkan. (hns / lth)