Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merealisasikan pembelian kendaraan secara kredit tanpa uang muka atau nol persen dp melalui peraturan Nomor 35 / POJK.05 / 2018 tentang Implementasi Perusahaan Pembiayaan Bisnis.

Sejak satu bulan lalu telah ditentukan, perusahaan pembiayaan saat ini tidak tertarik menggunakannya. Karena Federal International Finance (FIF) Group masih belum memberikan opsi kenaikan nol persen.

"Kami belum, karena kami menganggap kebutuhan pelanggan belum ada," kata CEO FIF Margono Tanuwijaya di Menara Astra, Kamis (14/3/2019).

Dia tidak membantah bahwa penerapan uang muka bisa merangsang penjualan kendaraan bermotor. Selain itu, OJK sendiri tidak mengharuskan perusahaan untuk menjual DP nol persen.

"Peraturan OJK itu, perusahaan pembiayaan dengan NPF di bawah 1 persen dapat menjual uang muka hingga nol persen. Tentunya ini dapat memberikan hal-hal positif untuk memudahkan konsumen membeli sepeda motor," kata Margono.

Dalam hal kondisi, perusahaan FIFGROUP telah memenuhi kriteria OJK, bahkan pertumbuhan tahun-ke-tahun di Februari meningkat sebesar 8 persen, meskipun Margono mengatakan itu masih membebani.

"Kita perlu melihat situasi apakah pasar ini diperlukan, misalnya dalam acara khusus atau segmen produk tertentu. Jika nilai jual kembali baik dan kemampuan pelanggan baik, itu tidak masalah," kata Margono. (riar / lth)