Jakarta –

Karyawan Toyota Indonesia dinyatakan positif terkena virus Corona (COVID-19). Hingga saat ini, telah dipastikan bahwa dua karyawan Toyota Indonesia yang positif adalah COVID-19.

Dalam siaran pers disebutkan, seorang karyawan pria berusia 30-an yang bekerja sebagai karyawan kantor (non-produksi) di Pabrik Sunter PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Jakarta Utara menunjukkan COVID-19 dari hasil pemeriksaan medis. Karyawan kemudian menjalani tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau yang biasa disebut tes swab untuk virus Corona dan pada 9 Mei 2020. Akibatnya, karyawan tersebut didiagnosis secara positif sebagai COVID-19. Karyawan tidak menunjukkan gejala atau termasuk dalam kategori Orang tanpa Gejala (OTG).

"Sebelumnya, karyawan melakukan pekerjaan dari rumah selama 2 minggu dan belum melakukan kegiatan kerja sejak ditunjukkan dalam pemeriksaan kesehatan. Saat ini karyawan positif positif untuk COVID-19 dalam kondisi baik, tetapi masih menjalankan prosedur yang terisolasi di rumah sakit dan menerima perawatan medis, "tulis Toyota dalam siaran pers.

Selain itu, PT TMMIN juga mengatakan bahwa seorang karyawan pria berusia 20-an yang bekerja sebagai operator di Pabrik TMMIN Karawang didiagnosis positif dengan COVID-19 pada 12 Mei 2020. Karyawan tersebut didiagnosis positif menggunakan COVID-19 setelah menjalani PCR test (Reaksi Rantai Polimerase).

"TMMIN segera melakukan perawatan komprehensif kepada karyawan yang saat ini sedang menjalani prosedur isolasi di rumah sakit dan menerima perawatan medis," kata Toyota.

Sesuai dengan prosedur dan sebagai tindakan pencegahan, TMMIN telah menerapkan protokol kesehatan seperti pembersihan mendalam, penelusuran & uji, dan protokol kesehatan lainnya. Dinyatakan bahwa semua kegiatan manufaktur dan penjualan Toyota di Indonesia tidak terpengaruh oleh dugaan dan diagnosis COVID-19 ini.

"Kami menjamin keamanan semua produk dan layanan Toyota. Kami terus melakukan kegiatan untuk mencegah penyebaran dan infeksi COVID-19 pada setiap tahap produksi dan penjualan mobil Toyota Indonesia bahkan kepada pelanggan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat ," dia menulis.

Menurut Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, Bob Azam, pihaknya terus melakukan kegiatan untuk mencegah penyebaran dan infeksi COVID-19 di setiap tahap produksi dan penjualan mobil-mobil Toyota Indonesia. "Bahkan hingga ke pelanggan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat dan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan karyawan di sektor kesehatan," kata Bob.

Lihat video "Ayo! Pelajari Cara Membuka Topeng Kain yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)