Jakarta – Ducati dikatakan menambah deretan sepeda motor yang dipersenjatai dengan mesin V4. Dalam wawancara yang dilakukan oleh media Inggris, CEO Ducati Claudio Domenicali mengatakan pabrikan Italia itu akan merilis 29 sepeda motor baru tahun depan.

Beberapa dari 29 motor baru akan disematkan pada mesin V4 yang terus dikembangkan oleh Ducati.

"Kami akan merilis 29 sepeda baru untuk lima tahun ke depan," kata Domenicali kepada MCN, seperti dilansir oleh detikOto, Kamis (12/6/2018). "Kami akan terus mengembangkan versi baru dari produk yang sudah ada tetapi juga akan memasuki segmen yang saat ini tidak dimiliki. Sebagai bagian dari itu, kami akan mengeksploitasi mesin V4 pada platform yang berbeda." dia berkata.

Ducati telah memperkenalkan versi baru mesin V4 pada Panigale V4 R, yang memiliki perpindahan lebih rendah dari 998 cc. Sekedar informasi, Panigale V4 dilengkapi dengan mesin Stradale baru yang identik dengan mesin Desmosedici GP.

Jadi jangan heran jika sepeda motor ini termasuk yang paling kuat di kelasnya, dengan daya mencapai 214 daya kuda pada 13.000 rpm dan torsi puncak 123,5 Nm pada 10.000 rpm.

Segmen baru yang dimaksud dapat mencakup model sepeda telanjang, tur dan Petualangan. Ini berarti bahwa itu akan menjadi motor dengan kekuatan buas mesin dari V4 yang akan ditawarkan dalam berbagai model.

Namun sementara itu teknologi listrik bukan prioritas bagi Ducati, meskipun ada dorongan ke arah kendaraan rendah dan nol emisi dari perusahaan induk Ducati, Audi atau VW Group.

"Sepeda listrik sangat menarik tetapi teknologinya seperti itu, Anda tidak bisa menipu bahan kimia. Saat ini, Anda membuang 15 kg bensin tetapi menggantinya dengan baterai 150 kg. Jika ada peraturan untuk membuat sepeda listrik dalam lima tahun, kita akan membuatnya, tapi "Ini akan menjadi motor yang lebih buruk dari yang kita bisa sekarang," kata Domenicali. (riar / kering)