Jakarta – Selain memenuhi kebutuhan pasar domestik, mobil yang diproduksi di Indonesia juga dikirim ke luar negeri. Dari data yang dirilis oleh Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), ekspor mobil Indonesia pada Oktober 2018 meningkat menjadi 26.990 unit. Sebelumnya pada bulan September 2018, ekspor mobil Indonesia dikoreksi pada 26.632 unit.

Ada lima merek kendaraan rakitan pabrik Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Diantaranya adalah Daihatsu, Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Hyundai, dan Indonesia.

Daihatsu melalui PT Astra Daihatsu Motor adalah merek yang menjual mobil terbanyak di luar negeri. Daihatsu merakit produk seperti Kota Ace, Lite Ace, Gran Max, Xenia / Avanza, Rush / Terios, dan Agya (Wigo). Banyak mobil Daihatsu dikirim ke sejumlah negara di Asia Tenggara, Asia, Afrika, dan beberapa negara di Amerika Latin.

Sementara itu, Toyota menyumbangkan nama-nama seperti Innova, Fortuner, Vios, Yaris, dan Sienta dalam serangkaian mobil yang dijual ke luar negeri secara penuh (Completely Build Up).

Lanjutkan ke Mitsubishi, merek Jepang lainnya ini menempatkan model MPV (Multi Purpose Vehicle) naik, Xpander, pada daftar mobil ekspor Indonesia. Mobil ini diekspor ke Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina dan Bolivia.

Berikut ini adalah Data Ekspor Mobil pada Oktober 2018

1.Daihatsu 12.004 unit
2. Toyota 6.575 unit
3. Mitsubishi 5.198 unit
4. Suzuki 2.423 unit
5. Hyundai 420 unit
6. Hino 370 unit (lua / lth)