Jakarta –

Pabrikan sepeda motor asal Ceko, Jawa Motors, berencana memperkenalkan sepeda motor listrik dalam waktu dekat. Sambil menunggu momen itu datang, beberapa tangan kreatif yang piawai mengolah digital melakukan rendering motor listrik buatan Jawa ini.

Salah satunya seperti gambar digital yang dibuat oleh Electric Vehicle Web. Dalam rendering itu, motor listrik Jawa tetap mempertahankan bahasa desain klasiknya. Hal itu terlihat dari lampu depan yang bulat, rim jeruji, dan dua spatbor yang masih menggunakan material besi.

Sentuhan krom antik juga menyelimuti beberapa area, mulai dari kaca spion, penutup lampu depan, tuas rem, suspensi depan, dan suspensi belakang. Bagian tangki juga tidak ketinggalan sentuhan chrome ini.

Kira-kira desain motor listrik Jawa. Foto: Jaringan Kendaraan Listrik

Sedangkan di bawah tangki terdapat kotak besar untuk meletakkan sistem kelistrikan. Biasanya area ini digunakan sebagai kompartemen penyimpanan baterai. Kotak diperkuat dengan menambahkan penyangga di samping.

Sebagai informasi, sepeda motor listrik Jawa akan dikembangkan secara mandiri tanpa bantuan kompatriotnya asal India, Mahindra yang merupakan pemegang saham terbesar. Mulai dari baterai, pengatur kecepatan, hingga motor listrik, Java akan memproduksinya sendiri.

Berbicara tentang Jawa sendiri, namanya memang tidak diambil dari salah satu pulau di Indonesia. Nama Jawa berasal dari nama pendiri Frantisek Janecek yang mengakuisisi pabrikan sepeda motor asal Jerman, Wanderer. Kemudian, dua nama yaitu Janecek dan Wanderer digabungkan menjadi bahasa Jawa.

Pabrikan ini sudah ada sejak tahun 1929. Motor bergaya Jawa merupakan motor dengan desain retro klasik seperti roda dua yang digunakan saat perang dunia. Pada tahun 1950, Java menjadi pabrikan sepeda motor terlaris, setelah mengirimkan model 350 Pérák ke 120 negara berbeda. Keberhasilan ini berlanjut hingga 1970-an dengan 350 orang California yang baru. Namun pada tahun 1990 Jawa mengalami krisis.

Hingga tahun 1997, sebuah perusahaan pengganti dibentuk di Týnec nad Sázavou dan mengubah nama Jawa menjadi JAWA Motors.

Tonton Video "Pakai Motor Listrik, Pemeriksaan Aset PLN Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / riar)