Keluhan yang sering dari pelanggan M3 kami adalah "vanos grumble" yang terkenal dari ujung depan mesin, terutama ketika putaran mesin jatuh melewati sekitar 1200rpm. Sering disalahpahami, & sering mengarah pada perbaikan yang sangat mahal, kami pikir kami akan membagikan wawasan kami ke dalam unit ini, cara kerjanya, dan cara kami memperbaikinya!

Sistem vanos dirancang untuk meningkatkan daya & torsi yang tersedia pada beban engine yang berbeda di seluruh rentang putaran. Hal ini dilakukan dengan memajukan atau memperlambat waktu camshaft pada camshaft inlet & exhaust secara terpisah.

Bagaimana itu bekerja

Penyesuaian ini dicapai melalui oli mesin bertekanan tinggi yang bekerja pada piston dalam unit vanos yang pada gilirannya memperpanjang atau menarik kembali poros roda vanos. Tekanan tinggi berasal dari pompa dalam unit vanos, didorong dari camshaft knalpot, & meningkatkan tekanan minyak internal dalam unit vanos menjadi sekitar 1500 PSI.

Poros roda gigi vanos memiliki potongan roda gigi heliks yang ditempatkan ke dalam gigi pemotong heliks yang sama dalam sproket poros bubungan, & bagian bergaris lurus yang terletak di camshaft. Ketika poros roda gigi didorong ke depan, potongan lurus spline meluncur longitudinal ke camshaft & tidak berpengaruh pada waktu cam. Namun, bagian gigi heliks-potong tidak bisa bergerak maju [or backwards] tanpa memutar sprocket camshaft – aksi berputar ini mengubah hubungan antara sprocket camshaft & lobus camshaft & karenanya mengubah waktu camshaft.

Pergerakan poros gir vanos dimonitor oleh sinyal dari sinyal sensor camshaft & diteruskan ke ECU di mana ia dibandingkan dengan posisi yang diharapkan dari peta ECU, & kemudian disesuaikan dengan mengubah solenoid yang diperlukan sampai posisi yang diinginkan tercapai. Mengganti solenoid mengalihkan tekanan oli ke dalam tubuh vanos dari satu sisi piston vanos untuk memperpanjangnya, ke sisi yang lain untuk menariknya kembali.

Kebisingan

Agar mekanisme roda gigi bisa berfungsi, harus ada izin kecil atau roda gigi akan mengikat & merebut. Karena gigi pada poros gir vanos & sprocket cam internal yang aus seiring waktu, peningkatan izin ini.

Sekarang pikirkan tentang gaya pegas katup yang bekerja pada lobus camshaft. Ketika camshaft berputar, gaya yang diterapkan padanya dari pegas katup akan meningkat hingga titik lift katup maksimum terjadi (katup sepenuhnya tertekan). Pada titik ini semua keausan / kelonggaran dalam berbagai mekanisme akan dimuat dalam satu arah.

Ketika camshaft melewati pengangkatan maksimum, gaya pegas katup maksimum kemudian diterapkan ke sisi lain dari lobus-cam & setiap keausan di roda gigi / sproket akan tiba-tiba dimuat ke arah lain (pada dasarnya mentransfer beban dari satu sisi gir gigi ke gigi lainnya). Pemindahan beban dari satu sisi ke sisi lainnya akan segera mengambil jarak antara gir-gir. Pemindahan beban yang tiba-tiba ini dari maksimum satu sisi hingga jarak maksimum hingga yang lain menyebabkan suara ketukan dan merupakan sumber dari gerutu vanos yang khas. Ini kemudian diperbesar oleh setiap katup (24 di mesin ini) & diperparah oleh kenyataan bahwa camshafts pada euro E36 M3 dibor kosong, & jadi bertindak seperti drum yang membesar-besarkan kebisingan.

The Cure

Sampai saat ini pendekatan standar adalah memperbaharui unit vanos. Ini sangat mahal & tergantung pada tingkat keausan, dalam banyak kasus terbukti menjadi solusi yang relatif berumur pendek. Alasan untuk hal ini mirip dengan memasang rantai sepeda baru ke roda yang sudah aus – rantai baru cepat memakainya ke profil roda gigi tua, dan sebaliknya, sehingga pas poros gigi vanos baru untuk sprocket camshaft yang aus memiliki efek mengenakan gigi baru ke profil gigi sproket lama yang pada gilirannya mengarah pada izin yang berlebihan & Anda kembali ke titik awal! Satu-satunya cara nyata untuk mempengaruhi solusi yang langgeng adalah memperbarui unit vanos & kedua sprocket camshaft, yang selanjutnya meningkatkan biaya hingga melampaui apa yang banyak dari mobil-mobil ini sekarang berharga!

Iridium Engineering telah menangani masalah ini dua kali lipat.

Pertama, kami telah mengembangkan kit untuk menggantikan seal solenoida hidrolis nitril (NBR) standar dengan versi Viton yang lebih tangguh, yang membantu menjaga tekanan minyak internal untuk mengaktifkan piston vanos. Segel standar tidak terlalu cocok untuk suhu & serangan kimia dari oli mesin oli & cenderung mengeras & kehilangan keefektifan pemeteraiannya dari waktu ke waktu. Kit kami juga termasuk baut high-tensile tinggi untuk menggantikan baut penutup solenoid standar yang telah diketahui gagal.

Kedua, kami telah menemukan solusi bengkel yang melibatkan perbaikan unit vanos asli dengan orientasi gigi-ke-gigi yang sedikit berbeda, di sebagian besar kasus, menghilangkan atau mengurangi kebisingan secara signifikan. Ketika Anda menggunakan kembali unit vanos yang sudah ada yang memiliki gigi gigi yang dikeraskan melalui penggunaan, solusi ini tampaknya lebih tahan lama daripada memasang unit baru yang mahal.

Peralatan khusus & peralatan diagnostik akan diperlukan untuk memastikan timing & operasi yang tepat tercapai, tetapi banyak bengkel independen BMW yang baik harus dapat melakukan pekerjaan ini dalam waktu sekitar 6 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here