Tangerang – Menjelang akhir tahun 2019 produsen mobil komersial Mercede-Benz, Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) membawa 2 unit baru mereka yang diluncurkan di ICE BSD, Tangerang Selatan (6/12/2018).

Pada kesempatan ini, DCVI memperkenalkan dua varian bus baru, Mercedes-Benz OF 1623 RF dan Mercedes-Benz O500RS 1836.

Kedua bus membawa mesin bahan bakar Euro 3 di mana pada tahun 2021 Indonesia akan memerlukan kendaraan bermesin diesel untuk memenuhi standar Euro 4. Direktur Pemasaran Bus & Truk Eropa DVCI, Jung Woo Park yang hadir pada peluncuran bus mengatakan akan menyesuaikan nanti jika peraturan sudah berlaku.

"Pertama-tama, saya sangat menghargai keputusan Indonesia untuk memaksakan euro 4 pada 2021 mendatang. Kami sedang mempersiapkan untuk memenuhi standar ini, oleh karena itu kami siap jika aturan akan dilaksanakan nanti," kata Park.

Dalam produksi pabrik mobil komersial DCVI yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, tidak akan sulit untuk melakukan transisi dari produksi Euro 3 ke Euro 4.

"Untuk produksi di sini ada perubahan besar dalam alat untuk merakit bus, tetapi prinsipnya masih sama dengan model lama dan tidak banyak perubahan yang mengganggu kelancaran produksi," kata Adri Daimler, Commercial Vehicle Indonesia Bus. untuk detikoto sama.

Dua bus baru ini siap dipesan oleh konsumen Indonesia dengan harga Rp 1,293 Miliar untuk model O500 RS 1836 dan Rp 649 Juta untuk model OF 1623 RF. (rip / kering)